MUHAMMAD IMRON, . (2024) STRATEGI KOMUNIKASI KOMIKA STAND UP COMEDY DALAM MENGHIBUR AUDIENS (Studi Pada Komika Stand Up Indo Tegal). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti.
Text
COVER-BAB 4 - imron Muhammad.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5-7 - imron Muhammad.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) |
|
Text
DAFPUS-LAMPIRAN - imron Muhammad.pdf Download (567kB) |
Abstract
Muhammad Imron, 2219500013. STRATEGI KOMUNIKASI KOMIKA STAND UP COMEDY DALAM MENGHIBUR AUDIENS (Studi Pada Komika Stand Up Indo Tegal). Skripsi. Pembimbing I : Dra. Oemi Hartati, M.Si. Pembimbing II : Didi Permadi, M.I.Kom. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pancasakti Tegal. Stand up comedy adalah sebuah bentuk pertunjukan seni komedi. Biasanya, seorang komedian tampil di depan para penonton dan berbicara langsung kepada mereka. Atau dengan kata lain stand up comedy adalah seni berbicara seorang diri dihadapan penonton dengan membawakan sebuah materi yang bermuatan komedi, yang dilakukan dengan komunikasi satu arah agar mendapat tawa dari penonton. Hal ini membuat pandangan berbeda terhadap masyarakat karena memandang membuat lucu atau membuat orang lain terhibur itu mudah padahal faktanya tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi komika stand up Indo tegal dalam menghibur audiens. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang didasarkan pada data-data yang berbentuk kalimat yang diperoleh melalui pengamatan (observasi) serta wawancara yang dilakukan terhadap setiap informan yang dituju. Dalam penelitian kualitatif subjek penelitian disebut dengan informan, yaitu orang yang memberikan informasi tentang data yang diinginkan peneliti berkaitan dengan penelitian yang sedang dilaksanakan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti sesuai dengan metode yang digunakan yaitu penerapan Teori Humor Inkongruitas di komunitas Stand Up Indo Tegal dikatakan efektif, para komika mampu membuat Audiens terhibur lewat materi yang dibawakan dengan tetap memperhatikan Teori Humor Inkongruitas dan strategi komunikasi yang mereka bangun. Kata Kunci : StandUp Comedy, Humor, Komunikasi, Kualitatif
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 02:02 |
Last Modified: | 30 May 2024 03:10 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8329 |
Actions (login required)
View Item |