Adaptasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Digitalisasi Pembelajaran Pasca Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Bojong, Kab. Tegal, Jawa Tengah)

Azami, Tomi and Basukiyatno, Basukiyatno (2022) Adaptasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Digitalisasi Pembelajaran Pasca Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Bojong, Kab. Tegal, Jawa Tengah). Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 7 (2). pp. 38-55. ISSN 2407-6805 (Submitted)

[img] Text
similarity 2-Adaptasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Digitalisasi Pembelajaran Pasca Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Bojong, Kab. Tegal, Jawa Tengah).pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan pola adaptasi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di tengah fenomena maraknya digitalisasi pembelajaran. Fenomena penggunaan digital dalam pembelajaran diawali dengan fenomena Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebagai respon muncul dan mewabahnya Covid-19 yang telah menjadi pandemi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus (Case Study) dengan lokus penelitian di SMP Negeri 2 Bojong. Secara geografis, SMP Negeri 2 Bojong berada di daerah pegunungan. Alasan pemililihan lokus adalah kekhasan lokus karena terletak di daerah pegunungan sedangkan digitalisasi erat kaitannya dengan daerah perkotaan. Teknik pemilihan informan yaitu purposive sampling, yaitu memilih informan berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, data akan dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan guru PAI di SMP Negeri 2 Bojong beradaptasi dengan penuh persiapan. Guru menggunakan aplikasi “SISWA PAI” dalam melaksanakan proses PJJ. Sementara aplikasi yang digunakan guru dalam memberi materi, evaluasi, dan tindak lanjut menggunakan aplikasi “AGPAII MODUL.” Kedua aplikasi tersebut dapat diunduh di playstore, bahkan salah satu guru PAI di sekolah tersebut tergabung dalam tim pengembang. Letak geografis yang berada di daerah kaki Gunung Slamet tidak menjadi halangan guru dalam beradaptasi terhadap kebijakan PJJ

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Mr TOMI AZAMI
Date Deposited: 20 Feb 2024 02:43
Last Modified: 20 Feb 2024 02:43
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8337

Actions (login required)

View Item View Item