HUMANISME PENDIDIKAN ISLAM DALAM SERIAL ANIME NARUTO

Azami, Tomi (2023) HUMANISME PENDIDIKAN ISLAM DALAM SERIAL ANIME NARUTO. Jurnal Progress: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 11 (2). pp. 111-130. ISSN 2338-6878

[img] Text
similarity 2 . HUMANISME PENDIDIKAN ISLAM DALAM SERIAL ANIME NARUTO.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fenomena dehumanisasi masih kerap terjadi di dunia pendidikan, baik itu berupa perundungan, pengucilan, dan superioritas terhadap orang lain. Hal ini merupakan tindakan yang tidak humanis dan telah nelenceng dari ajaran Islam, sehingga perlu untuk dilakukan perbaikan. Proses humanisme pendidikan Islam dapat melalui berbagai cara, salah satunya melalui serial anime Naruto. Penelitian ini bertujuan menganalisis nilai humanisme pendidikan Islam atau nilai kemanusiaan yang terdapat pada serial Anime Naruto. Penelitian ini mrupakan jenis penelitian kualitatif studi kepustakaan. Sehingga data penelitian diperoleh dari jurnal-jurnal, buku dan dokumen lainnya yang terkait dengan penelitian. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi pragmatik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai humanisme Pendidikan Islam pada serial Naruto yang didominasi oleh nilai-nilai hablum mina annas. Dalam serial Naruto diperlihatkan sebuah proses menjadi (becoming) dan penyempurnaan diri sebagai individu (self-improvement). Terdapat enam hal pokok yang menjadi focus humanism Pendidikan Islam yakni, (1) common sense (akal sehat), (2) individualisme menuju kemandirian, (3) thirst for knowledge (haus ilmu pengetahuan), (4) pendidikan pluralisme, (5) konstektualisme yang lebih mementingkan fungsi daripada simbol, dan (6) keseimbangan antara reward dan punishment. Kata kunci: Humanisme; Pendidikan Islam; Anime Naruto

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr TOMI AZAMI
Date Deposited: 20 Feb 2024 02:59
Last Modified: 20 Feb 2024 02:59
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8344

Actions (login required)

View Item View Item