PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN TRAIT AND FACTOR UNTUK MENGATASI GANGGUAN DISLEKSIA SISWA SMP N 3 BREBES TAHUN 2022/2023

ERFIAN SYACH NOVANTIO, . (2024) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN TRAIT AND FACTOR UNTUK MENGATASI GANGGUAN DISLEKSIA SISWA SMP N 3 BREBES TAHUN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pancaskti.

[img] Text
COVER BAB3 ERFIN - Dwi Rizka Novitaningrum.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4-5 ERFIN - Dwi Rizka Novitaningrum.docx
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Dan Lampiran - Nurkholik Majid.docx

Download (9MB)

Abstract

NOVANTIO, ERFIAN SYACH.2023. Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Trait And Factor Untuk Mengatasi Gangguan Disleksia Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Prof. Dr. Sitti Hartinah., DS,M.M Pembimbing II : Dr. Suriswo, M.Pd Kata Kunci : Trait And Factor, Gangguan Disleksia, Konseling Kelompok Penelitian ini dilatar belakangi adanya siswa yang mengalami gangguan disleksia. Permasalahan ditandai dengan siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1). Faktor-faktor gangguan disleksia pada siswa SMP N 3 Brebes Tahun Ajaran 2022/2023, 2). Efek gangguan disleksia pada siswa SMP N 3 Brebes Tahun Ajaran 2022/2023, 3). Pengaruh Trait And Factor dalam layanan konseling kelompok yang digunakan untuk mengurangi gangguan disleksia pada siswa SMP N 3 Brebes Tahun Ajaran 2022/2023. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif jenis pra eksperimen. Populasi 192 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 6 siswa dengan tingkat gangguan disleksia sedang dan tinggi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan angket, skala sikap, observasi, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian validitas, reliabilitas, analisis data deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, analisis hipotesis dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) faktor siswa SMP N 3 Brebes Tahun Ajaran 2022/2023 mengalami gangguan disleksia menunjukan kurangnya rasa perhatian belajar membaca dari orang tua, 2) kurangnya dalam waktu belajar membaca sehingga menghambat proses belajar karena sulitnya dalam memahami suatu bacaan, 3) hasil data pengujian statistik uji paired sample t-test dengan bantuan IBM SPSS versi 26 hasil yang dapat diketahui apabila nilai sig.(2 tailed) adalah sebesar 0.000, yang mana 0.000 < 0.005, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Konseling Kelompok Dengan Menggunakan Pendekatan Trait And Factor dapat untuk mengurangi Gangguan Disleksia Siswa SMP N 3 Brebes Tahun Ajaran 2022/2023. Adapun saran yang diajukan adalah penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi bagi peneliti selanjutnya untuk dapat lebih lanjut meneliti gangguan disleksia dan diharapkan siswa dapat meningkatkan semangat belajar membacanya agar tidak mengalami disleksia (kesulitan membaca).

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Feb 2024 06:32
Last Modified: 28 Feb 2024 06:32
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8514

Actions (login required)

View Item View Item