OPTIMALISASI TOPOLOGI DAN KELELAHAN DARI KAIT PENGANGKAT PADA MESIN ELECTRIC MINI HOIST CRANE PA-200 + 12M

MUHAMMAD HASAN THAUFIQ, . (2024) OPTIMALISASI TOPOLOGI DAN KELELAHAN DARI KAIT PENGANGKAT PADA MESIN ELECTRIC MINI HOIST CRANE PA-200 + 12M. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
skripsi hasan bab 1-3 - MHThaufiq 20.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
skripsi hasan bab 4-5 - MHThaufiq 20.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
skripsi hasan daftar pustaka dan lampiran - MHThaufiq 20.pdf

Download (602kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya permintaan akan bahan material dan investasi finansial yang diperlukan oleh produsen dalam pembuatan crane hook. Fenomena ini terjadi karena crane hook menjadi perangkat yang umum digunakan di lokasi konstruksi untuk mengangkat dan menempatkan benda-benda berat dengan berbagai bobot. Dengan meningkatnya kapasitas angkat kait beban, dimensi dan massa kait juga ikut meningkat. Tujuan dari penelitian untuk mencari konfigurasi geometris yang meminimalkan berat total benda kerja yaitu tanpa mengorbankan kekuatan atau keandalan strukturalnya. Dengan cara ini, dapat dicapai penghematan material yang signifikan. Penelitian ini menerapkan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Dengan mempertimbangkan prediksi tegangan, analisis umur kelelahan telah dilakukan. Rancangan crane hook terdiri dari 3 desain. Desain pertama terdiri dari 3 lubang dengan diameter 8 mm dan 1 lubang besar, desain kedua terdiri dari 8 lubang dengan diameter 8 mm, dan desain ketiga terdiri dari 2 lubang besar. Dari penelitian ini didapatkan hasil berupa data hasil analis, yaitu pada desain kait awal memiliki massa 0,112009 kg, minimum factor of safety 7,223, damage percentage 5.000 x 10, dan total life 1,000 x 106 cycle. Untuk desain kait pertama memiliki massa 0,0939481 kg, minimum factor of safety 2,248, damage percentage 4,241 x 103 , dan total life 1,179 x 104 cycle. Kemudian untuk desain kedua memiliki massa 0,101602 kg, minimum factor of safety 6,180, damage percentage 5,000 x 10, dan total life 1,000 x 106 cycle. Dan untuk desain ketiga memiliki massa 0,0924831 kg, minimum factor of safety 2,239, damage percentage 4,241 x 103 , dan total life 1,179 x 104 cycle. Dari hasil analisis tersebut, desain kedua memiliki hasil yang lebih mendekati hasil analisis desain kait awal sehingga lebih layak untuk digunakan. Kata kunci: optimalisasi topologi, pesawat angkat, kait derek

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Mar 2024 02:22
Last Modified: 13 Mar 2024 02:22
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8613

Actions (login required)

View Item View Item