ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN DORATOON (Studi Penelitian Kualitatif pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas VII di SMP N 3 Brebes)

Finna Adetiya, . (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN DORATOON (Studi Penelitian Kualitatif pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas VII di SMP N 3 Brebes). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Finna Adetiya (1719500039)-1-50 - Finna Adetiya.docx
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)
[img] Text
Skripsi Finna Adetiya (1719500039)-51-108 - Finna Adetiya.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Finna Adetiya (1719500039)-109-165 - Finna Adetiya.docx

Download (2MB)

Abstract

FINNA ADETIYA, 2023. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa melalui Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Doratoon (Studi Penelitian Kualitatif pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas VII di SMP N 3 Brebes). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Ibnu Sina, S.T.,M.Pd., M.Kom Pembimbing II : Dian Nataria O.,S.Si.,M.Pd Kata Kunci : Analisis, Kemampuan Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Kontekstual, Doratoon Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran kontekstual berbantuan Doratoon. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus pada siswa kelas 7D SMP N 3 Brebes sebagai subjek penelitian. Penelitian ini melibatkan total 6 subjek yang terbagi menjadi 2 subjek dengan pemahaman konsep tinggi, 2 subjek dengan pemahaman konsep sedang, dan 2 subjek dengan pemahaman konsep rendah. Pengumpulan informasi dilakukan dengan metode observasi, eksperimen, wawancara, dan dokumentasi. Data akan diperiksa dengan menggunakan metodologi reduksi data, penyajian data, dan perumusan temuan. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki kemampuan pemahaman konseptual yang tinggi, dibuktikan dengan kemahiran mereka dalam tiga indikator utama: penerjemahan, interpretasi, dan ekstrapolasi. Siswa yang tergolong berprestasi tinggi menerima peringkat aktivitas tinggi, yang secara langsung berdampak pada kinerja akademik mereka. Kemahiran pada kategori sedang sebatas memenuhi syarat penerjemahan dan interpretasi. Pemahaman konsep siswa berada pada kategori rendah yang ditunjukkan dari hasil tes pemahaman konsep sebanyak 7 butir sangat buruk.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Apr 2024 03:24
Last Modified: 18 Apr 2024 03:24
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8744

Actions (login required)

View Item View Item