EFEKTIVITAS GAMEFIKASI ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SISWA

MUHAMMAD FARID NUR ZAENI, . (2024) EFEKTIVITAS GAMEFIKASI ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SISWA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Bab 1-3 - muhammad farid.pdf.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4-5 - muhammad farid.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar pustaka - lampiran 8 - muhammad farid.pdf

Download (4MB)

Abstract

ZAENI NUR FARID, MUHAMMAD. 2024. Efektivitas Gamefikasi Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Critical Thinking Peserta Didik. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Muriani Nur Hayati, M.Pd., Pembimbing II : Fahmi Fatkhomi, M.Pd. Kata Kunci : Critical Thinking, Articulate Storyline, Gamefikasi, Efektivitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan dan peningkatan crititcal thinking yang diajarkan menggunakan gamefikasi articulate storyline dalam materi sistem tata surya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain penelitian pretest-posttest none equivalen control group. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Al-Ikhlas Losari tahun pelajaran 2023/2024. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini peserta didik kelas VII B dan kelas VII C yang masing-masing berjumlah 30 peserta didik. Adapun data yang diambil dengan teknik tes, kuesioner, dan observasi. Data dianalisis dengan analisis validitas instrument, deskriptif, dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik yang belajar menggunakan gamefikasi articulate storyline memiliki nilai rata-rata N- Gain sebesar 0,62. Skor tersebut lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang belajar dengan menggunakan power point yang memiliki nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,28. Hasil tersebut diperkuat dengan uji hipotesis yang menyatakan bahwa Ha diterima artinya terdapat efektivitas articulate storyline terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, lalu di hasil observasi ditemukan perbedaan presentase dari kelas yang menggunakan gamefikasi articulate storyline sebesar 75,4% dan pada kelas yang menggunakan power point sebesar 51%. Hasil analisis data menunjukan bahwa gamefikasi articulate storyline berpengaruh pada critical thinking peserta didik dan efektif untuk meningkatkan critical thinking peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 19 Apr 2024 01:58
Last Modified: 19 Apr 2024 01:58
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8748

Actions (login required)

View Item View Item