PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI, BRAND IMAGE DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA PT PEGADAIAN AREA TEGAL MELALUI VARIABEL INTERVENING KEUNGGULAN BERSAING

MAS’ADAH, . (2024) PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI, BRAND IMAGE DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA PT PEGADAIAN AREA TEGAL MELALUI VARIABEL INTERVENING KEUNGGULAN BERSAING. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Tesis_Masadah_Cover sd Bab 3 - MASADAH Masadah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Tesis_Masadah_Bab 4 5 - MASADAH Masadah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Tesis_Masadah_Daftar Pustaka - MASADAH Masadah.pdf

Download (377kB)

Abstract

Pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting untuk menghasilkan pendapatan bagi berbagai perusahaan. Hal ini berlaku pula bagi perusahaan yang bergerak di bidang pergadaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja pemasaran PT Pegadaian Area Tegal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deduktif asosiatif kausal. Subyek penelitian adalah semua pegawai bagian penjualan (marketer) yang bekerja di PT Pegadaian Area Tegal. Penentuan ukuran sample dengan menggunakan Rumus Slovin, dari 207 populasi tenaga penjualan(marketer) dihasilan sebanyak 137 sampel. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan Teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner tertutup dan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metoda partial least square (PLS). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa saluran distribusi berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing. Selanjutnya, brand image tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, namun berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Adapun biaya promosi berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing. Sebagai variable intervening, keunggulan bersaing diketahui berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Kesimpulan lainnya adalah bahwa saluran distribusi, brand image, dan biaya promosi berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing sebagai variable intervening. Saran untuk PT Pegadaian Area Tegal, agar meningkatkan saluran distribusi untuk menyediakan produk agar lebih mudah dan cepat kepada nasabah, mempertimbangkan biaya promosi untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang lama. Selain itu untuk meningkatkan Brand image dengan membangun hubungan baik dengan pelanggan. Kata Kunci: biaya promosi, brand image, keunggulan bersaing, kinerja pemasaran, saluran distribusi.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Apr 2024 06:02
Last Modified: 23 Apr 2024 06:02
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8767

Actions (login required)

View Item View Item