MIFTACHUL JANAH, . (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM BERBANTUAN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Study Penelitian di kelas VIII Semester I SMP Negeri 3 Petarukan Tahun Ajaran 2023/2024 untuk Materi Teorema Pythagoras). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
MIFTACHUL JANAH (COVER-BAB 3)) - Mifta Chuljanah.pdf.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
MIFTACHUL JANAH (BAB IV DAN V)) - Mifta Chuljanah.pdf.docx Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
MIFTACHUL JANAH (DAFPUS-LAMPIRAN) - Mifta Chuljanah.pdf.docx Download (3MB) |
Abstract
JANAH, MIFTACHUL. 2023. “Keefektifan Model Pembelajaran Superitem berbantuan Scaffolding terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik (Studi Eksperimen Peserta Didik Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Petarukan Tahun Ajaran 2023/2024 pada Materi Teorema Phytagoras)".Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dra. Eleonora DW, M.Pd. Pembimbing II: M. Shaefur Rokhman, M.Si. Kata Kunci : Model Pembelajaran Superitem berbantuan Scaffolding, Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan rata-rata hasil belajar pembelajaran superitem berbantuan scaffolding yang lebih dari KKM, (2) Mendeskripsikan proporsi hasil belajar dari pembelajaran dengan menggunakan model superitem berbantuan scaffolding yang diatas KKM lebih dari 70% (3) Mendeskripsikan hasil belajar yang model pembelajaran superitem berbantuan scaffolding lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Petarukan Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 10 kelas yang berjumlah 320 peserta didik. Dari populasi tersebut diambil sampel dengan menggunakan teknik probability sampling type simple random sampling dan diperoleh satu kelas eksperimen, satu kelas kontrol dan satu kelas uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumenatsi dan tes. Sedangkan analisis data penelitian ini menggunakan uji rata-rata, uji proporsi satu pihak dan uji t satu pihak dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran superitem berbantuan scaffolding lebih dari KKM dengan nilai KKM yaitu 70, (2) hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran superitem berbantuan scaffolding dapat mencapai KKM melampaui 70%, (3) hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran superitem berbantuan scaffolding lebih ba
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 07:15 |
Last Modified: | 30 May 2024 01:40 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8784 |
Actions (login required)
View Item |