PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENINGKATAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR PEMAHAMAN BACAAN NARRATIVE TEXTSISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 TALANG

ENDANG RETNO SULISTIOWATI, . (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENINGKATAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR PEMAHAMAN BACAAN NARRATIVE TEXTSISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 TALANG. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER - hal depan TTD CAP ok - endang retno.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
bab 4 sampe bab 5 - endang retno.docx
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
dapus dn lampiran - endang retno.docx

Download (6MB)

Abstract

Endang Retno S. 2024.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Peningkatan Hasil dan Motivasi Belajar Pemahaman Bacaan Narrative Text Siswa Kelas VIII dI SMP Negeri 3 Talang. Tesis Program Studi magister Pedagogi. Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Taufiqullah, M.Hum , Dr. Yoga Prihatin,M.Pd. Kata Kunci : Belajar, Kooperatif, STAD, Hasil, Motivasi Penelitian ini dilatarbelakangimasih rendahnya hasil dan motivasi belajar Bahasa Inggris siswa di Kelas VIII SMP Negeri 3 Talang, sehingga perlu diupayakan peningkatan.Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui implikasi pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil dan motivasi belajar pemahaman membaca narrative text pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Talang. Penelitianmenggunakan desain penelitian true-experimental. Penelitian ini bertempat di SMP Negeri 3 Talang Kabupaten Tegal yang dilaksanakan dari bulan Juli 2023 hingga Desember 2023. Pengambilan sampel digunakan cluster random sampling dengan hasilVIII A dan VIII C sebagai kelas eksperimen, sedangkan VIII D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, dokumentasi, dan tes. Uji hipotesis digunakan metode uji manova. Tinjauan pustaka yang dibahas meliputi pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil dan motivasi belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian diketahui terdapat perbedaan yang signifikan hasil dan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.Hasil belajar pemahaman membaca narrative textsiswa kelas VIII SMP Negeri 3 Talang dalam pembelajaran kooperatif tipe STADmenunjukkan rata-rata sebesar 76,81dan motivasi belajar pemahaman membaca narrative textmenunjukkan persesentase sebesar 81,93. Jika nilai hasil belajar dikonversikan dengan kriteria sebagaimana disebutkan dalam Arikunto (2021 : 245) di mana nilai antara 80% sampai 100% kategori sangat baik dan 70% sampai 79% kategori baik, maka dikatakan bahwa hasil belajar pemahaman membaca narrative textkategori baik dan motivasi belajar kategori sangat baik. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil dan motivasi belajar pemahaman membaca narrative text pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Talang Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024 diketahui dari hasil uji hipotesis yang telah diuraikan dalam hasil penelitian bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan motivasi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan yang pembelajaran konvensional yang ditunjukkan nilaisignifikansi0,001 kurang dari 0,05, (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang ditunjukkan nilaisignifikansi0,000 kurang dari 0,05, dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil dan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang ditunjukkan nilaisignifikansi0,000 kurang dari 0,05.Dengan demikian dapat diketahui bahwamelalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD selain guru dapat meningkatkan proses pembelajaran ke arah yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan pemahaman bacaan siswa sertasiswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dan hasil pembelajaran pemahaman bacaan yang diperoleh siswa menjadi lebih baik. Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pemahaman membaca Narrative Text oleh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Talang Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024 dilakukan melalui serangkaian tahapan yang berbeda yaitu; untuk tujuan pembelajaran disampaikan kepada siswa agar mereka mengetahui apa yang ingin dicapai selama proses pembelajaran, untuk informasi yang relevan disajikan kepada siswa melalui bahan bacaan yang disediakan ,untuk pembentukan kelompok belajar dibantu agar dapat bertransisi dengan efisien,untuk pembimbingan diberikan kepada kelompok belajar saat mengerjakan tugas,untuk hasil belajar yang telah dipelajari dievaluasi, baik melalui presentasi kelompok maupun penilaian individu dan untuk upaya belajar baik dari individu maupun kelompok dihargai sebagai bentuk apresiasi. Berdasarkan dari hasil yang telah diuraikan menunjukkan adanya keberhasilan pelaksanaan proses pembelajaran maka peneliti memberi saran sebagaiberikut: penelitian ini bisa dijadikan panduan kepada sekolah dalam memilih model pembelajaran yang tepat guna meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Bahasa Inggris serta memberikan pandangan dan solusi kepada guru agar dapat terus menghasilkan ide-ide baru dalam bentuk berbagai model pembelajaran yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang menghargai, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga siswa dapat berpartisipasi secara aktif, mengembangkan kreativitas, dan memiliki semangat tinggi dalam pembelajaran Bahasa Inggris

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:02
Last Modified: 24 Apr 2024 02:03
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8801

Actions (login required)

View Item View Item