PENGARUH KONTROL DIRI SISWA DALAM PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA

IHYA HASNA NABILAH, . (2024) PENGARUH KONTROL DIRI SISWA DALAM PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
BAB I-3 SKRIPSI NABILA - Ihya Hasna Nabilah.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4 - BAB 5 - Ihya Hasna Nabilah.doc
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
LAMPIRAN - Ihya Hasna Nabilah.doc

Download (4MB)

Abstract

IHYA HASNA NABILAH, 2024. Pengaruh Kontrol Diri Siswa dalam Penggunaan Smartphone Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Rahmad Agung N, M.Si. Pembimbing II : M. Aris Rofiqi, M.Si. Kata Kunci : Kontrol Diri, Konsentrasi Belajar, Smartphone, Game Online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kontrol diri siswa dalam penggunaan smartphone pada game online terhadap konsentrasi belajar pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-5 dan kelas XI-9 SMA Negeri 1 Kramat sebanyak 72 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik Probability Sampling sebanyak 42 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan metode dokumentasi, serta untuk mengetahui ketepatan instrumen dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Dalam penelitian ini menggunakan skala likert, dalam skala likert terdapat 5 opsi jawaban yaitu, Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Netral (N), Tidak Setuju (TS) dan Sangat Tidak Setuju (STS). Kemudian teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas, serta analisis regresi sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan secara umum bahwa kemampuan kontrol diri dalam penggunaan smartphone pada game online siswa SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal ada pada tingkat klasifikasi yang “Rendah” dengan persentase tertinggi yaitu 0,45% sebanyak 19 dari 42 siswa. Sedangkan kemampuan konsentrasi belajar siswa SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal ada pada klasifikasi yang “Rendah” dengan persentase tertinggi yaitu 0,52 % sebanyak 22 dari 42 siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui nilai signifikasi sebesar 0,002 < 0,05 artinya terdapat pengaruh signifikan antara variabel Kontrol Diri pada game online terhadap variabel Konsentrasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Kramat. Kontrol diri pada tingkat “Rendah” akan menghasilkan konsentrasi belajar pada tingkat “Rendah” juga yang artinya jika kontrol diri pada siswa membaik maka konsentrasi belajar siswa pun juga akan ikut membaik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:04
Last Modified: 24 Apr 2024 02:04
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8803

Actions (login required)

View Item View Item