PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN GEMBONGDADI 04 KECAMATAN SURADADI KABUPATEN TEGAL

NURJANAH, . (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN GEMBONGDADI 04 KECAMATAN SURADADI KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
BAB 1-3 - Nurjanah 12345.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4-5 - Nurjanah 12345.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - Nurjanah 12345.docx

Download (3MB)

Abstract

Nurjanah, 2024. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 5 SDN Gembongdadi 04 Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Taufiqullah, M.Hum, Pembimbing II Dr. Sutji Muljani, M.Hum. Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Prestasi, Motivasi Pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT)adalah salah satu model pembelajaran yang cocok diterapkan dalam implementasi kurikulum merdeka. Pembelajaran kooperatif membuat peserta didik saling berinteraksi satu sama lain. Interaksi secara langsung dapat melatih peserta didik untuk mengembangkan keterampilan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian eksperimen dengan metode desain faktorial. Data penelitian diperoleh melalui tes untuk mengetahui dan mencari pengaruh variabel prestasi. Data hasil penelitian untuk mencari pengaruh motivasi menggunakan angket. Data hasil penelitian yang telah terhimpun kemudian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS. Analisis data menggunakan N-Gain, uji-t, dan uji-f. Hasil analisis pada tabel ANOVA menunjukkan bahwa signifikansi dalam uji-F adalah 0,043. Nilai signifikansi 0,043<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran memiliki pengaruh terhadap prestasi dan motivasi belajar secara bersamaan. Pada tabel model summary koefisien korelasi 0,335. Koefisien determinasi 0,112 artinya variabel model memiliki pengaruh sebesar 11,2% terhadap prestasi dan motivasi secara bersamaan. Sedangkan 88,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran memiliki pengaruh terhadap prestasi dan motivasi belajar peserta didik secara bersamaan. Meskipun belum dapat meningkatkan prestasi belajar secara signifikan, namun model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:54
Last Modified: 24 Apr 2024 06:54
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8836

Actions (login required)

View Item View Item