Muhammad Nurrohman, . (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DAN SELF- CONVIDENCE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 5 SMA NEGERI 3 BREBES. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
BAB 1 SAMPAI 3 - Muhammad Nurrohman.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4- 5 - Muhammad Nurrohman.docx Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
|
Text
Lampiran - Muhammad Nurrohman.docx Download (5MB) |
Abstract
Nurrohman, Muhammad NPM : 1721600028 Pengaruh motivasi belajar dan self confidence terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa kelas xi mipa 5 sma negeri 3 brebes Pembimbing 1: Dian Nataria Oktaviani, S.Si M.Pd Pembimbing 2: Dr. Munadi, M.Pd Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar dan self-confidence siswa terutama saat pembelajaran matematika berlangsung. Kurang interaktifnya siswa dalam pembelajaran matematika membuat hasil belajar matematika terutama dalam ranah kognitif juga menjadi tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh yang ditimbulkan dari motivasi belajar dan self-confidence terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian expost facto. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi belajar (X1) dan Self-Confidence (X2) sebagai variabel bebas, dan Hasil Belajar Kognitif Matematika (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Brebes. Dengan sampelnya adalah kelas XI MIPA 5 yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrument yang digunakan adalah angket motivasi belajar, angket self-confidence, dan hasil PAT semester genap matematika tahun ajaran 2022-2023. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi sederhana, dan analisis koefisien determinansi yang dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif matematika sebesar 63,4%, begitu juga untuk self-confidence juga berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa sebesar 63%, dan motivasi belajar lebih berpengaruh dari pada self-confidence dengan nilai adjusted R square pada motivasi belajar adalah 0,624 dan nilai adjusted R square pada self-convidence adalah sebesar 0,614. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Self-Confidence, dan Hasil Belajar Kognitif Matematika
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 03:08 |
Last Modified: | 30 May 2024 03:24 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8850 |
Actions (login required)
View Item |