M. DWI ARIWIBOWO, . (2024) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 ADIWERNA (Studi Penelitian di SMP Negeri 3 Adiwerna Kabupaten Tegal Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024 pada Materi Lingkaran ). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Cover-BAB 3 ( M. Dwi Ariwibowo) - M.Dwi Ariwibowo.docx Download (2MB) |
|
Text
BAB 4&5 (M. Dwi Ariwibowo) - M.Dwi Ariwibowo.docx Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
Daftar Pustaka-Lampiran (M. Dwi Ariwibowo) - M.Dwi Ariwibowo.pdf.docx Download (10MB) |
Abstract
ARIWIBOWO, M. DWI. 2024. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa dengan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 3 ADIWERNA (Studi Penelitian di SMP Negeri 3 Adiwerna Kabupaten Tegal Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024)”.Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Munadi Pembimbing II Hj. Isnani, M.Pd, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Berdiferensiasi, Gaya Belajar. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengkaji ketuntasan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran berdiferensiasi. Dan 2) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis berdasarkan gaya belajar siswa. .Penelitian ini menggunakan mixed-method dengan desain concurrent embedded. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Adiwerna dengan populasi berjumlah 320 siswa. Dengan menggunakan teknik purposif sampling diperoleh sampel penelitian yaitu kelas VIII E. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) analisis kuantitatif dengan metode uji hipotesis yaitu uji t dan uji proporsi, dan 2) analisis kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII-E yang diajar dengan pembelajaran berdiferensiasi mencapai ketuntasan klasikal., 2) Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik mempunyai kemampuan komunikasi matematis tertinggi, di mana siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu menafsirkan soal ke dalam bentuk pertanyaan matematis, mampu dalam merepresentasikan penyelesaian dari suatu masalah matematis secara tertulis dengan terorganisasi dan terstruktur, serta cukup mampu menggeneralisasi ide-ide matematis secara tertulis. Sedangkan siswa dengan gaya belajar auditori mempunyai kemampuan komunikasi matematis yang terendah karena hanya mampu menafsirkan soal ke dalam bentuk pertanyaan matematis dan merepresentasikan penyelesaian dari suatu masalah matematis secara tertulis dengan terorganisasi dan terstruktur. Dan untuk siswa dengan gaya belajar visual kemampuan komunikasi matematisnya yaitu mampu menafsirkan soal ke dalam bentuk pertanyaan matematis, cukup mampu dalam merepresentasikan penyelesaian dari suatu masalah matematis secara tertulis dengan terorganisasi dan terstruktur, dan mampu menggeneralisasi ide-ide matematis secara tertulis.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 06:26 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 06:26 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8938 |
Actions (login required)
View Item |