MUHAMMAD NOVAL KURNIAWAN, . (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Tegal Tahun Ajaran 2023/2024 pada Materi Statistika). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Cover-bab 3 - Muhammad Noval Kurniawan.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab 4-5 - Muhammad Noval Kurniawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
Text
Dapus-lampiran - Muhammad Noval Kurniawan.pdf Download (4MB) |
Abstract
KURNIAWAN, M. NOVAL. 2024. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Wordwall terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Tegal Tahun Ajaran 2023/2024 pada Materi Statistika). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Paridjo Pembimbing II : Dr. Munadi Kata Kunci: komunikasi matematis, discovery learning, Wordwall Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model discovery learning berbantuan media Wordwall berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam berkomunikasi matematis. Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah eksperimen. Hasil dari eksperimen tersebut diukur menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis. Dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh hasil bahwa model discovery learning berbantuan media Wordwall berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Namun besarnya pengaruh yang diberikan oleh model tersebut lebih kecil dari pengaruh yang diberikan oleh variabel lainnya, dimana perbedaan besarnya pengaruh yang diberikan cukup jauh yaitu model tersebut memberikan pengaruh sebesar 25%, sedangkan 75% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Sehingga hal yang lebih utama dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah bukan model discovery learning berbantuan media Wordwall, melainkan bagaimana menggunakan model pembelajaran tersebut. Keterampilan pendidik dalam mengajar sangat mempengaruhi hasil pembelajaran karena jika pendidik memiliki keterampilan mengajar yang baik, maka pendidik dapat memberikan perlakuan yang tepat untuk setiap karakteristik siswa yang berbeda
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 07:17 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 07:17 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8947 |
Actions (login required)
View Item |