Model Asesmen Literasi Sains pada Peserta Didik Sekolah Dasar Dengan Aplikasi Model Rasch

Agus Riyadi, . (2024) Model Asesmen Literasi Sains pada Peserta Didik Sekolah Dasar Dengan Aplikasi Model Rasch. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER-BAB III OK - agus riyadi.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB IV-V OK - agus riyadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DAPUS-LAMPIRAN OK - agus riyadi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Agus Riyadi. 2024. "Model Asesmen Literasi Sains pada Peserta Didik Sekolah Dasar Dengan Aplikasi Model Rasch". Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pasca Sarjana. Universitas Pancasakti legal. Pembimbing I Prof Dr. Purwo Susongko, M.Pd, Pembimbing II Dr. Munadi, M.Pd Kata Kunci : Model asesmen, literasi sains,sekolah dasar ,model rasch. Pengukuran literasi sains penting dilakukan untuk mengetahui ketercapaian literasi sains siswa dalam memahami konsep sains yang sudah dipelajari Pengukuran literasi sains juga penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sains yang telah dipelajarinya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kebutuhan kepala sekolah,guru dan siswa Sekolah dasar terhadap instrumen assesmen literasi sains,mengembangkan desain model asesmen literasi sains,mengetahui validitas isi,psikometri dan validasi konstraks dari instrumen asesmen literasi sains. Asesmen literasi sains disusun untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik secara valid dan reliabel. Oleh karena itu, perlu adanya analisis terhadap instrumen asesmen literasi sains. Instrumen tes yang reliabel merupakan unstrumen tes yang apabila diujikan beberapa kali pada peserta tes yang sama dalam waktu yang berbeda maka akan menghasilkan data yang sama (Sugiyono, 2014). Salah satu analisis yang digunakan untuk menguji validitas tes yaitu menggunakan model Rasch. Adapun validitas yang diuji meliputi validitas isi, validitas psikometri, dan validitas konstruk. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Pengembangan (R&D). model pengembangan asesmen literasi sains menggunakan model ADDlE yang meliputi tahapan Anilisis, Desain, Developmen, Implementasi dan Evaluasi,tetapi dalam penelitian mi hanya path tingkat developmen. Subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas VI sekolah dasar se Gugus Sultan Agung Kec.Kedungbanteng dengan sampel 147 peserta didik dan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah propability sampling dengan sistem acak sederhana (simple random sampling) Hasil uji validitas dengan pemodelan Rasch melalui validitas isi, psikometri dan konstrak. Hasil uji validitas aspek isi, psikometni tiga ahli sepakat jika tes mi sudah memenuhi validitas isi dan psikometni. Hasil uji validitas konstruk asp e k isi bahwa seluruh teslet berfungsi baik nilal Outfit MSQ antara 0,5 sampai 1,5 sedangkan nilai outfit t antara -2 sampai 2,0 dan peluang penerimaan Ho (kecocokan contoh) lebih sensitif berdasarkan 0,01 (p> 0,01), aspek substantif ada satu peserta yang mengalami respon menyimpang p-value di bawah 0,01 ,aspek struktural, butir yang memenuhi kniteria dalam analisis faktor dapat dilihat berdasarkan nilai KMO sebesar 0,552 (lebih besar dari 0,5) maka dapat dikatakan analisis faktor Iayak untuk digunakan. uji coba korelasi dengan aplikasi korelasi Excel, didapat hasil korelasi dengan nilai positif (0,915865) . Aspek eksternal Separation Reability: 0.3541 Observed Variance: 0.8313 (Squared Standard Deviation) Mean Square Measurement Error: 0.2463 (Model Error Variance).

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:43
Last Modified: 12 Aug 2024 07:43
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8951

Actions (login required)

View Item View Item