PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN LITERASI SAINS SISWA DI SMA N 1 PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES

Milati Masruroh, . (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN LITERASI SAINS SISWA DI SMA N 1 PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
FILE TESIS_COVER SAMPAI BAB 3 - Milati Masruroh.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FILE TESIS_BAB 4 SAMPAI BAB 5 - Milati Masruroh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
FILE TESIS_DAFTAR PUSTAKA SAMPAI LAMPIRAN - Milati Masruroh.pdf

Download (7MB)

Abstract

Masruroh, Milati.2024. “Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Berpikir dan Literasi Sains Siswa di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes”. Tesis. Pembimbing I : Dr. Burhan Eko Purwanto, M. Hum., Pembimbing II : Dr. Tity Kusrina, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik modul pembelajaran kimia berbasis projek, menghasilkan modul pembelajaran kimia berbasis projek yang layak, menganalisis peningkatan kreativitas berpikir siswa setelah menggunakan modul pembelajaran kimia berbasis projek, dan menganalisis peningkatan literasi sains siswa setelah menggunakan modul pembelajaran kimia berbasis Projek Based Learning (PjBL). Pengembangan modul ini, menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan model Analisys, Design, Development, Implemetation, dan Evaluation. Penelitian diawali dengan analisis kebutuhan, membuat desain modul pembelajaran, validasi oleh ahli materi dan ahli media, merevisi produk, melakukan uji coba terbatas dan lapangan. Analisis efektivitas penggunaan modul dilakukan dengan menggunakan N Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan desain modul pembelajaran kimia berbasis project dengan enam sintaks pembelajaran PjBL, uji kelayakan modul yang dikembangkan memenuhi kriteria layak. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa modul mencapai presentasi 82,89%, dengan kriteria sangat layak dan hasil dari validasi ahli media mencapai presentasi 85,48% dengan kriteria sangat layak. Jadi pembelajaran menggunakan modul berbasis project pada materi hidrokarbon dapat meningkatkan kreativitas berpikir siswa dengan N Gain score 56,71 dalam kategori cukup efektif. Di samping itu, pembelajaran ini dapat meningkatkan literasi sains siswa dengan N Gain score 56,16 dalam kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa karakteristik pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis project teridentifikasi enam sintak pembelajaran, pengembangan modul berbasis project memenuhi kriteria layak, dan pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran kimia berbasis project dapat meningkatkan kreativitas berpikir serta literasi sains siswa dalam kategori cukup efektif. Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Model Project Based Learning (PjBL), Kreativitas Berpikir, Literasi Sains.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:57
Last Modified: 12 Aug 2024 07:57
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8953

Actions (login required)

View Item View Item