PENGARUH GAYA HIDUP, KELOMPOK REFERENSI, DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BULET BATIK KOTA TEGAL

Muthola'ah, Muthola'ah (2020) PENGARUH GAYA HIDUP, KELOMPOK REFERENSI, DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BULET BATIK KOTA TEGAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Muthola’ah. Pengaruh Gaya Hidup, Kelompok Referensi, Dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Bulet Batik Kota Tegal. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian di Bullet Batik Kota Tega, 2) Untuk mengetahui pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian di Bullet Batik Kota Tegal, 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap keputusan pembelian di Bullet Batik Kota Tegal, 4) Untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, kelompok acuan, dan motivasi secara simultan terhadap keputusan pembelian di Bullet Batik Kota Tegal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survei. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Sedangkan Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi rank spearman, uji signifikansi koefisien korelasi rank spearman, analisis korelasi berganda, uji signifikansi koefisien korelasi berganda dan analisis koefisien determinasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh yang cukup kuat gaya hidup terhadap keputusan pembelian di Bullet Batik Kota Tegal dibuktikan dari perhitungan korelasi rank spearman dengan menggunakan SPSS diperoleh nilai korelasi sebesar 0,499 dengan nilai dengan nilai Zhitung = 4,964 > Ztabel = 1,96, 2) Terdapat pengaruh yang kuat kelompok referensi terhadap keputusan pembelian di Bullet Batik Kota Tegal dibuktikan dari perhitungan korelasi rank spearman dengan menggunakan SPSS diperoleh nilai korelasi sebesar 0,682 dengan nilai dengan nilai Zhitung = 6,785 > Ztabel = 1,96, 3) Terdapat pengaruh yang cukup kuat motivasi terhadap keputusan pembelian di Bullet Batik Kota Tegal dibuktikan dari perhitungan korelasi rank spearman dengan menggunakan SPSS diperoleh nilai korelasi sebesar 0,518 dengan nilai dengan nilai Zhitung = 5,154 > Ztabel = 1,96., 4) Terdapat pengaruh yang kuat gaya hidup, kelompok referensi dan motivasi secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian di Bullet Batik Kota Tegal dibuktikan dari perhitungan korelasi berganda diperoleh nilai korelasi sebesar 0,730 dengan nilai dengan nilai Fhitung = 36,537 > Ftabel = 2,70. Kata Kunci : Gaya Hidup, Kelompok Referensi, Motivasi, Keputusan Pembelian. ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------ Muthola’ah. The Effect of Lifestyle, Reference Groups, and Motivation on Purchasing Decisions in Batik Bulet Tegal City. The purpose of this study is 1). To find out the influence of lifestyle on purchasing decisions in the Batik City of Bullet, 2) To determine the influence of the reference group on purchasing decisions at the Batik City of Tegal Bullet, 3) To determine the effect of motivation on purchasing decisions in the Batik City of Tegal Bullet, 4) To determine the effect lifestyle, reference groups, and motivation simultaneously towards purchasing decisions at Bullet Batik Kota Tegal. The research method used in this study is a survey approach. Data collection methods that the authors use in this study are questionnaires. While the data analysis method used is the Spearman rank correlation analysis, the Spearman rank correlation coefficient significance test, multiple correlation analysis, the significance test of the multiple correlation coefficient and the analysis of the coefficient of determination. The conclusions of this study are 1) There is a fairly strong influence of lifestyle on purchasing decisions in Bullet Batik in Tegal City as evidenced by the calculation of the Spearman rank correlation using SPSS obtained a correlation value of 0.499 with a value with a value of Zhitung = 4.964> Ztable = 1.96, 2) There is a strong influence of the reference group on purchasing decisions at Bullet Batik in Tegal City as evidenced by the calculation of the Spearman rank correlation using SPSS obtained a correlation value of 0.682 with a value with a value of Zhitung = 6.785> Ztable = 1.96, 3) There is sufficient influence strong motivation to purchase decisions in the Bullet Batik Tegal City is evidenced from the calculation of Spearman rank correlation using SPSS obtained a correlation value of 0.518 with a value with a value of Zhitung = 5.154> Ztable = 1.96., 4) There is a strong influence of lifestyle, the reference group and motivation together towards the buyer's decision ian in Bullet Batik in Tegal City, it was proven from the calculation of multiple correlations that the correlation value was 0.730 with a value of Fcount = 36.537> Ftable = 2.70. Keywords: Lifestyle, Reference Groups, Motivation, Purchasing Decisions

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Perusahaan
Depositing User: Ms Muthola'ah Muthola'ah
Date Deposited: 14 Feb 2020 00:55
Last Modified: 11 Jan 2023 02:13
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item View Item