EFEKTIVITAS PERAN GURU BK DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS X TKR MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA FILM “IMPERFECT” DI SMK MAARIF NU TALANG KABUPATEN TEGAL

Muhammad Fajri Tsani Ramadhani, . (2024) EFEKTIVITAS PERAN GURU BK DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS X TKR MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA FILM “IMPERFECT” DI SMK MAARIF NU TALANG KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Tesis Bab 1-3, M. Fajri Tsani.R, magister pedagogik, 7320800053 - fajri tsani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Bab 4 dan 5, M. Fajri tsani ramadhani, 7320800053 - fajri tsani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
Daftar Pustaka, Lampiran, Tesis, M. Fajri tsani ramadhani, 7320800053 - fajri tsani.pdf

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Fajri Tsani Ramadhani. 2024. ”Efektivitas Peran Guru BK dalam membangun Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas X TKR melalui Bimbingan Kelompok dengan Media Film “Imperfect” di SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Maufur, M.Pd, Pembimbing II Dr. Rahmad Agung Nugraha, M.Si. Kata kunci: Kepercayaan Diri, Bimbingan Kelompok Kepercayaan diri peserta didik SMK Ma’arif NU Talang relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pelaksanaan program Bimbingan Kelompok dengan Media Film “Imperfect”dalam meningkatkan kepercayaan diri Peserta Didik di SMK Ma’arif Nu Talang Kabupaten Tegal; (2) mengetahui peran Guru BK dalam penyelengaraan program Bimbingan Kelompok dengan Media Film “Imperfect” dalam meningkatkan kepercayaan diri Peserta Didik di SMK Ma’arif Nu Talang Kabupaten Tegal; dan (3) mengetahui efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Media Film “Imperfect” efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri Peserta Didik di SMK Ma’arif Nu Talang Kabupaten Tegal. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, sedangkan analisis data menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Program Bimbingan Kelompok dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu permulaan, transisi, perkembangan kohesivitas, dan terminasi; (2) dalam pelaksanaan Bimbingan Kelompok media film “ Imperfect” di SMK Ma’arif NU Talang, Guru BK berperan sebagai Informator, Director, Fasilitator, Inisiator, Evaluator, dan Motivator; dan (3) Program Bimbingan Kelompok dengan Media Film “Imperfect” efektif meningkatkan kepercayaan diri Peserta Didik di SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal. Terdapat 19 peserta didik yang mengalami peningkatan kepercayaan diri secara maksimal, dan 2 peserta didik yang berada pada tahap mengalami perkembangan. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hal tersebut adalah: (1) Peserta Didik perlu memahami setiap tahap Bimbingan Kelompok; (2) Peserta Didik harus memiliki motivasi yang kuat dan tidak bersikap pasif dalam mengikuti Bimbingan Kelompok; (3) Guru BK sebaiknya juga menjalankan peran sebagai transmiter

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2024 03:40
Last Modified: 20 Sep 2024 03:40
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9305

Actions (login required)

View Item View Item