Dakhori, , (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SMP NEGERI 1 PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
1. COVER S.D. BAB III DAKHORI MAGISTER PEDAGOGI - Dakhori.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) |
|
Text
2. BAB IV S.D. V DAKHORI MAGISTER PEDAGOGI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN OK - Dakhori.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
|
Text
3. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN DAKHORI MAGISTER PEDAGOGI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN OK - Dakhori.pdf Download (667kB) |
Abstract
Dakhori, 2024. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendidikan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Dewi Apriani Fr., MM., Pembimbing II : Dr. Hanung Sudibyo, M.Pd. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk : (1) membuktikan besarnya pengaruh kualitas pelayanan pendidikan terhadap loyalitas pelanggan (2) membuktikan besarnya pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. dan (3) membuktikan besarnya pengaruh kualitas pelayanan pendidikan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Pelanggan yang dimaksud adalah para orang tua/wali siswa SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sebab dalam penelitian data-datanya berupa angka yang akan dianalisis dengan menggunakan statistik serta teknik analisis data berupa regresi linier sederhana. Populası dalam penelitian ini adalah semua orang tua/wali siswa SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal pada tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 948 orang. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling sebanyak 255 sampel. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder melalui pengumpulan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan diperoleh nilai probabilitas signifikansı 0,000 < darı taraf signifikansi 0,05. Kesimpulannya bahwa Ho, ditolak sehingga hipotesis pertama terbukti kebenarannya. Hasil penelitian diperoleh (r2) sebesar 0,345 menunjukkan bahwa 34,5% perubahan yang terjadi pada loyalitas pelanggan adalah disebabkan oleh adanya perubahan pada kualitas pelayanan pendidikan. Analisis jalur memperlihatkan pengaruh langsung kualitas pelayanan terhadap loyalitas sebesar 0,202. Sementara pengaruh tidak langsung melalui kepuasan pelanggan yaitu 0,613 x 0,465 = 0,285. Dengan demikian hipotesis kedua terbukti kebenarannya. Hasil penelitian juga memperlihatkan pengaruh langsung kualitas pelayanan terhadap loyalitas sebesar 0,202. Sementara pengaruh tidak langsung melalui kepuasan pelanggan yaitu 0,285. Selanjutnya untuk nilai probabilitas signifikansi 0,000 < dari taraf signifikansi 0,05. Kesimpulannya bahwa Ho ditolak sehingga hipotesis ketiga juga terbukti kebenarannya. Rekomendasi ditujukan bagi sekolah, para guru dan karyawan SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal hendaknya mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan, dan kepuasan pelanggan sehingga loyalitas pelanggan SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal juga akan meningkat. Kata kunci: kualitas pelayanan pendidikan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 03:55 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 03:55 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9313 |
Actions (login required)
View Item |