Makhmudin, . (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMAN 1 BOJONG KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
BAB123OK PDF - Ratna Ningsih.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
BAB 45 pustaka pdf - Ratna Ningsih.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
Abstract
Makhmudin, 2024.” Pengembangan Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 1 Bojong Kabupaten Tegal”. Tesis Program Studi Megister Pedagogi Program Paskasarjana Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Purwo Susongko, M.Pd, Pembimbing II Dr. Beni Habibi,M.Pd. Kata Kunci: Jigsaw, e-modul, pembelajaran kontekstual, motivasi dan prestasi belajar Pengembangan Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan e-modul bertujuan untuk mengetahui kebutuhan siswa terhadap model Pembelajaran tersebut, mengetahui desainnya, kelayakannya dan mengetahui keefektifan model pembelajaran tersebut dalam meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar Kimia siswa kelas X di SMAN 1 Bojong Kabupaten Tegal. Metode penelitian ini adalah pengembangan model ADDIE. Peneliti melaksanakan penelitian pada 3 tahap pertama yaitu Analysis, Design dan Development. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Bojong Kabupaten Tegal. Sumber data dan sampel penelitian diambil siswa kelas X-1, X-2 dan kelas X-3, X-4 Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 140 siswa, dan 2 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pretes-postest, angket motivasi belajar siswa, angket model pembelajaran dan observasi perangkat pembelajaran. Hasil penelitian dari tahap analisis diperoleh data bahwa siswa kelas X SMAN 1 Bojong membutuhkan model pembelajaran Jigsaw berbantuan e-modul. E-Modul dan perangkat pembelajaran yang dibuat dinyatakan layak dan memenuhi aspek kelayakan baik dari segi teoritis maupun dari segi empiris. Berdasarkan uji t prestasi belajar dan hasil angket motivasi belajar pada kelas kontrol dan eksperimen diperoleh hasil Nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) prestasi belajar sebesar 0.018 < 0.05 dan Nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) motivasi belajar sebesar 0.000 < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan prestasi belajar pada kelas yang mendapatkan pembelajaran Jigsaw berbantuan e-modul dengan kelas tidak mendapatkan e-modul. Prestasi lebih tinggi dimiliki oleh kelas yang berbantuan e-modul. Perbedaan tersebut juga terjadi pada motivasi belajar, dimana kelas yang mendapatkan bantuan e-modul mengalami peningkatan motivasi belajar lebih baik dibandingkan kelas yang tidak berbantuan e-modul. Berdasarkan data diatas terbukti bahwa pengembangan pembelajaran Jigsaw berbantuan e-modul dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa, dan sekaligus membuktikan bahwa siswa membutuhkan pengembangan model pembelajaran Jigsaw berbantuan e-modul.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 02:29 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:29 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9316 |
Actions (login required)
View Item |