PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MPI PADA MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 BOJONG

Nursobah, . (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MPI PADA MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 BOJONG. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
TESIS_NURSOBAH-Cover-bab3 - Nur Sobah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
TESIS_NURSOBAH4 - bab4&5 - Nur Sobah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
TESIS_NURSOBAH4 - daftar pustaka dan lampiran - Nur Sobah.pdf

Download (9MB)

Abstract

Nursobah, 2024. “Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan MPI pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Bojong”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Sitti Hartinah D.S., M.M. Pembimbing II Dr. Basukiyatno, M.Pd, Kata Kunci: Project Based Learning, Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI), prestasi belajar Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan MPI dilatarbelakangi oleh prestasi belajar yang rendah yang diakibatkan oleh cara mengajar yang konvensional, keterlibatan siswa yang rendah, media yang tidak sesuai, dan efek pandemi dua tahun yang masih terasa. Penelitian memiliki tiga tujuan utama yaitu untuk mengetahui kebutuhan siswa terhadap Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan MPI, mengetahui desain dan mengetahui bagaimana efektivitas model ini dalam meningkatkan prestasi belajar kimia siswa kelas XI di SMAN 1 Bojong Kabupaten Tegal, khususnya pada materi hidrolisis. Metode penelitian ini adalah pengembangan model ADDIE dengan metode eksprimen (true experimental design). Tahapan penelitian menggunakan ADD ,yaitu Analysis, Design dan Development. Analysis yang dilakukan adalah analisis terhadap kompetensi dan tujuan Pembelajaran, analisis materi, serta analisis terhadap katrakteristik siswa. Design mencakup pada bagaimana pelaksanaan PjBL sedangkan Development mencakup pada MPI yang digunakan yang didesain menggunakan SAC. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Bojong Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi Pembelajaran, dan tes soal pretes-postest. Hasil penelitian dari tahap analisis diperoleh data bahwa siswa kelas XI SMAN 1 Bojong membutuhkan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan MPI. MPI yang digunakan pada Project Based Learning (PjBL) ini dinyatakan sangat layak, karena hasil uji validasi dari ahli materi mencapai 94,3% dan dari ahli media mencapai 96,3% .Berdasarkan uji t hasil prestasi belajar pada kelas kontrol dan eksperimen diperoleh hasil nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) prestasi belajar sebesar 0,001 (< 0.05), Sehingga dapat disimpulkan ada peningkatan prestasi siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan MPI. Hal ini berimplikasi teoritis pada bertambahnya wawasan tentang literasi pendidikan tentang integrasi teknologi dan secara praktis guru dapat mengadopsi model PjBL berbantuan MPI untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan relevan.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:30
Last Modified: 24 Sep 2024 02:30
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9321

Actions (login required)

View Item View Item