MODEL TES STANDAR LITERASI MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR BERBASIS MODEL RASCH

TIARA SUCI APRILIANI, . (2024) MODEL TES STANDAR LITERASI MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR BERBASIS MODEL RASCH. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER-BAB1-3 - tiara april.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4-5 - tiara april.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - tiara april.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tiara Suci Apriliani, 2024. “Model Tes Standar Literasi Matematika pada Peserta didik Sekolah Dasar Berbasis Model Rasch”. Magister Pedagogi Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sitti Hartinah, DS., MM. (2) Prof. Dr. Purwo Susongko, M.Pd. Literasi matematika merupakan kemampuan seseorang dalam menerapkan konsep matematika dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematis. Kemampuan literasi matematika menjadi bagian penting dalam sistem pendidikan di Indonesia. Hal ini disebabkan capaian literasi matematika pada PISA 2018 masih rendah. Keadaan ini juga diperkuat dengan capaian rapor pendidikan pada aspek literasi matematika yang masih rendah pula. Selama ini, soal-soal dalam pengukuran literasi matematika berasal dari pemerintah pusat. Selain itu, sekolah juga belum memiliki tes pengukuran kemmapuan literasi matematika yang terstandarisasi. Tes standar literasi matematika merujuk pada capaian PISA yang disusun sesuai dengan aspek-aspeknya, seperti konten, konteks, serta level kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis kebutuhan terhadap tes standar literasi matematika serta capaian rapor pendidikan, 2) membangun tes standar literasi matematika, serta 3) menguji validitas tes standar literasi matematika berbasis model Rasch. Penelitian dilakukan menggunakan desain penelitian dan pengembangan dalam membangun butir tes standar literasi matematika. Butir tes disusun yang selanjutnya diuji validitasnya. Pengujian validitas meliputi uji validitas aspek isi, psikometri, serta konstruk. Uji validitas isi dan psikometri yang dilakukan oleh ahli menyatakan bahwa butir tes yang disusun layak untuk diuji cobakan. Selanjutnya, butir tes diujicobakan kepada 170 peserta didik dari 6 sekolah sampel di Gugus Cut Nyak Dhien Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Hasil uji coba tes diuji validitas konstruk menggunakan pemodelan Rasch dengan r programming 4.4.0 yang meliputi uji validitas konstruk aspek isi, substansi, struktural, dan eksternal. Dari 10 butir tes terdapat 1 butir yaitu butir ke-10 yang tidak fit, artinya butir tes tersebut tidak sesuai dengan model. Tidak terdapat peserta tes yang mengalami penyimpangan. Butir tes hanya memiliki satu dimensi dan bersifat invariansi serta memiliki nilai p value sebesar 0.7032 dalam pengujian validitas konstruk aspek eskternal. Dengan demikian, butir tes standar literasi matematika yang disusun dapat digunakan untuk mengukur kemampuan literasi matematika secara valid berdasarkan pemodelan Rasch. Desain penelitian ini telah mencakup kompetensi literasi matematika sesuai standar PISA sehingga penyusunan btir tes standar literasi matematika sesuai dengan pemodelan Rasch. Disarankan bahwa penyusunan butir tes mudah dipahami dan sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik sekolah dasar. Kata kunci: tes standar, literasi maematika, peserta didik, sekolah dasar, Rasch

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:31
Last Modified: 24 Sep 2024 02:31
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9322

Actions (login required)

View Item View Item