IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA GUGUS RADEN SALEH KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL

Susanti Apriana, . (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA GUGUS RADEN SALEH KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER,BAB 1-3 OK - Susanti Apriana - Susanti Apriana.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4-5 Susanti Apriana - Susanti Apriana.docx
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran Susanti Apriana - Susanti Apriana.docx

Download (2MB)

Abstract

Susanti Apriana. 2024. “Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Penguatan Profil Pelajar Pancasila Gugus Raden Saleh Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Suriswo, M.Pd. Pembimbing II Dr. Rahmad Agung N, M.Si. Kata kunci : Kurikulum Merdeka, Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Latar belakang dari penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah di gugus Raden Saleh belum sepenuhnya memahami tentang Implementasi Kurikulum Merdeka dan Penguatan Profil Pelajar Pancasila.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pemahaman guru dan kepala sekolah tentang Kurikulum Merdeka dan Profil Pelajar Pancasila di Gugus Raden Saleh, (2) kesiapan guru dan kepala sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka melalui Projek P5, (3) faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi Projek P5, dan (4) dampak Projek P5 terhadap penguatan Profil Pelajar Pancasila pada siswa di Gugus Raden Saleh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif studi kasus, di mana peneliti fokus untuk menyelidiki kondisi objek penelitian yang bersifat alamiah dengan penekanan pada pemahaman makna. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru di gugus Raden Saleh. Teknik pengambilan data melalui observasi lapangan dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) pemahaman guru dan kepala sekolah terhadap kurikulum merdeka dan profil pelajar pancasila di gugus Raden Saleh secara umum memiliki pemahaman yang cukup baik, (2) kesiapan guru dan kepala sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka melalui projek P5 antara lain guru dan kepala sekolah sudah memiliki pemahaman yang cukup mendalam (3) faktor pendukung implementasi Projek P5 sekolah dasar di Gugus Raden Saleh antara lain Kepala sekolah dan guru memiliki komitmen yang tinggi untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dan Projek P5. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Faktor penghambat Implementasi Projek P5 di Gugus Raden Saleh antara lain terdapat beberapa guru dan kepala sekolah yang belum memahami secara secara menyeluruh, guru memiliki beban kerja yang cukup berat dan waktu yang terbatas untuk merancang dan melaksanakan projek, kurangnya sumber daya manusia yang kompeten dalam melaksanakan projek. (4) Dampak Projek P5 terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa di Gugus Raden Saleh antara lain membantu siswa untuk mengembangkan kompetensi yang berkarakter Pancasila, meningkatkan keterlibatan dan keaktifan mereka dalam pembelajaran, dan meningkatkan kualitas hasil belajar mereka.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:31
Last Modified: 24 Sep 2024 02:31
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9323

Actions (login required)

View Item View Item