IMPLEMENTASI KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN SEKOLAH HIJAU (GREEN SCHOOL) DI SDN BATUAGUNG 02 KABUPATEN TEGAL

Mohamad Samsul Maarif, . (2024) IMPLEMENTASI KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN SEKOLAH HIJAU (GREEN SCHOOL) DI SDN BATUAGUNG 02 KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Bab I-III - M.SAMSUL MAARIF.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV-V - M.SAMSUL MAARIF.docx
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Daftar pustaka dan Lampiran - M.SAMSUL MAARIF.docx

Download (8MB)

Abstract

Maarif, Samsul, Mohamad. 2024. “Implementasi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Menciptakan Sekolah Hijau di SDN Batuagung 02 Kabupaten Tegal”. Tesis Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Basukiyatno, M.Pd, (2) Dr. Tity Kusrina, M.Pd. Kata kunci: Manajerial Sekolah Hijau Kondisi lingkungan hidup pada saat ini terlihat sangat memprihatinkan. Manusia yang seharusnya memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan justru semakin membuat kerusakan yang luar biasa terhadap lingkungan. SD Batuagung 02 salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan berbasis lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Menciptakan Sekolah Hijau di SDN Batuagung 02 Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif fenomenologi. Subyek penelitian adalah kepala Sekolah, guru dan siswa. Obyek penelitian yaitu situasi sosial yang menunjukkan Implementasi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Menciptakan Sekolah Hijau meliputi perencanaan, pelaksanaan, Pengawasan dan Pengendalian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model interaktif Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji Keabsahan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Menciptakan Sekolah Hijau yang mencakup kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan sudah terinternalisasi dengan baik, dibuktikan dengan kegiatan: (1) perencanaan sekolah hijau sudah dilaksanakan dengan memuat aspek pendidikan lingkungan hidup dan melibatkan pihak terkait, (2) pelaksanaan diwujudkan dengan adanya berbagai kebijakan dan program kegiatan, pembelajaran terintegrasi lingkungan hidup, peningkatan partisipasi warga sekolah, sarana dan prasarana yang mencukupi dan mendukung pendidikan lingkungan hidup, (3) Pengawasan dan Pengendalian dilaksanakan melalui kegiatan evaluasi dan monitoring yang dilakukan secara rutin dalam bentuk peraturan terulis, teguran lisan, pembinaan, maupun pemberian penghargaan. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Perencanaan Program Sekolah Hijau disusun bersama melalui rapat antara kepala sekolah, guru dan komite. Kegiatan perencanaan disusun dan dikembangkan dengan tetap memperhatikan pendidikan lingkungan hidup dan melibatkan berbagai pihak guna mempertimbangkan berbagai pendapat, masukan dan saran, (2) Faktor pendukung pelaksanaan Program Sekolah Hijau SDN Batuagung 02 berupa kegiatan sebagai berikut : a) perawatan dan pemeliharaan tanaman, green house, dan hutan sekolah

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:28
Last Modified: 24 Sep 2024 03:28
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9331

Actions (login required)

View Item View Item