NADIM, . (2024) EVALUASI KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN KOTA DI KABUPATEN TEGAL (STUDI KASUS ANGKUTAN PERKOTAAN TRAYEK BANJARAN-JATIBARANG). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER-BAB 3 SKRIPSI - Nadim Aja.docx Download (3MB) |
|
Text
BAB 4-BAB 5 SKRIPSI - Nadim Aja.docx Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
D.PUSTAKA-LAMPIRAN - Nadim Aja.docx Download (3MB) |
Abstract
Nadim, 2024, “Evaluasi Kinerja Pelayanan Angkutan Kota Di Kabupaten Tegal (Studi Kasus Angkutan Perkotaan Trayek Banjaran – Jatibarang) Laporan Skripsi Teknik Sipil Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Pancasakti Tegal Meningkatnya sebuah transportasi yang terlihat dari kebutuhan akan jasa angkutan bagi mobilitas orang maupun barang, dengan melalui Kinerja Angkutan Umum Perkotaan Trayek Banjaran – Jatibarang, maka dapat dilihat pelayanan yang telah dilakukan oleh sistem di Kabupaten Tegal dalam melayani kebutuhan masyarakat, serta memberikan sebuah solusi yang optimal untuk menanggulangi kinerja pelayanan angkutan perkotaan trayek Banjaran – Jatibarang yang kurang memenuhi dari standar ketetapan. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan cara mengumpulkan sebuah data penumpang angkutan, waktu antar kendaraan per 30 menit untuk menentukan nilai dari kinerja angkutan perkotaan trayek Banjaran – Jatibarang, dan survey waktu tempuh angkutan. Data tersebut akan di bandingkan dengan standar peraturan pemerintah, serta data wawancara penumpang, data wawancara sopir angkutan, data total armada, peta trayek jalan, serta jarak jalan Banjaran – Jatibarang untuk menentukan nilai kondisi pelayanan ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kinerja angkutan perkotaan Headway sudah memenuhi standar kinerja angkutan umum yang di putuskan oleh Peraturan Mentri Perhubungan yakni Headway puncak di peroleh sebesar 5.00 menit di dapat Frekuensi sebesar 12 kendaraan dalam 1 jam dan Headway ideal di dapatkan 15,24 menit. Untuk kinerja angkutan perkotaan Loadfactor masih kurang dari standar kinerja angkutan umum yang di putuskan oleh Mentri Perhubungan yakni rata-rata Loadfactor yang di dapat di peroleh sebesar 28,94% yang di bandingkan dengan standarnya yaitu sebesar 70%. Kecepatan perjalanan angkutan perkotaan juga masih kurang dari standar kinerja angkutan umum yang di putuskan oleh Peraturan Mentri Perhubungan yakni kecepatan perjalanan jam puncak di dapat sebesar 27,90 km/jam dan kecepatan perjalanan jam normal di dapat sebesar 20,32 km/jam yang di bandingkan dengan standarnya yaitu puncak 30 km/jam, normal 50 km/jam. Solusi Frekuensi yang kurang dari standar adalah mengatur kembali penambahan jumlah armada atau bisa pengaturan penjadwalan kembali, dan solusi untuk Loadfactor yang kurang dari standar peraturan pemerintah adalah mengevaluasi kembali kebijakan tarif operasional, serta untuk solusi dari kecepatan perjalanan yang kurang dari standar yakni dengan pemberian subsidi kepada sopir angkutan agar sopir tidak memfokuskan sopir untuk melayani penumpang agar bisa mengejar setoran. Untuk hasil penelitian kondisi pelayanan saat ini menunjukan Nilai rata-rata pelayanan angkutan umum pedesaan yang di peroleh dari 53 responden yang berdasarkan pertanyaan dari standar pelayanan minimum di dapat sebesar 61,89% atau baik. Sedangkan nilai rata-rata kuesioner dari sopir yang berjumlah 19 responden yang berdasarkan dari pertanyaan kondisi saat ini di peroleh sebesar 51,58% atau setuju. Kata Kunci : Kinerja Angkutan Perkotaan, Headway, Loadfactor, Kecepatan Perjalanan, Solusi Kinerja, Kuesioner
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 03:19 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:19 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9332 |
Actions (login required)
View Item |