PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN BERBASIS APLIKASI I-SPRINGSUIT9 DI SD

Susi Alipah, . (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN BERBASIS APLIKASI I-SPRINGSUIT9 DI SD. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
BAB I - III - SUSI ALIPAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV-V - SUSI ALIPAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran_compressed - SUSI ALIPAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Susi Alipah 2024: ”Pengembangan E-Modul Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Berbasis Aplikasi I-springsuit9 di SD”. Tesis. Tegal. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Modul pembelajaran adalah salah satu perangkat pembelajaran yang sangat penting. Keerhasilan suatu kegiatan pembelajaran slah satunya ditentukan kwalitas dan keefektifan modul yang digunakan guru. Dalam kegiatan kokurikuer Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, penyajian modul yang interaktif dan berbasis android tentunya akan menjadikan semangat belajar siswa meningkat. Penelitian ini adalah mengembangkan e -modul pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADD yang terdiri dari tahap Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V di gugus Moh. Yamin Kec. Tarub sejumlah 256 siswa. Dari popilasi yang ada diambil 100 sebagai sampel dalam penelitian, yaitu dari tiga sekolah SDN Bulakwaru 01, SDN BUlakwaru 03 dan SDN Margapadang 01 . Tehnik pengumpulan data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa e-modul ini layak digunakan dalam proses pembelajaran. Rekapitulasi data pretest dan posttest menunjukkan peningkatan skor yang signifikan pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol, khususnya pada dimensi Kreatif, dengan peningkatan sebesar 23,08%. Hasil evaluasi keefektifan intervensi di berbagai sekolah menunjukkan hasil yang bervariasi namun secara umum positif. SDN Bulakwaru 01 mencapai persentase keefektifan sebesar 88%, SDN Margapadang 01 dan SDN Bulakwaru 03 memiliki persentase keefektifan masing-masing sebesar 72% dan 76%, keduanya termasuk dalam kategori positif. Meskipun tidak sekuat hasil di SDN Bulakwaru 01, hasil ini menunjukkan bahwa metode tersebut tetap efektif dengan pencapaian yang baik di kedua sekolah tersebut. Secara keseluruhan, rata-rata persentase keefektifan adalah 78,67%, yang juga termasuk dalam kategori positif. E- Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk mendukung pelaksanaan pendidikan karakter yang efektif di sekolah-sekolah. Uji kelayakan menunjukkan bahwa e-modul ini layak digunakan, dengan beberapa perbaikan yang diperlukan berdasarkan umpan balik dari pengguna. Keefektifan e-modul ini terbukti dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, partisipasi aktif dalam pembelajaran, dan pengembangan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Siswa yang menggunakan e-modul menunjukkan pemahaman yang lebih baik terhadap materi, serta peningkatan dalam aspek religiusitas, gotong royong, dan kreativitas. E-modul ini juga membantu guru menyampaikan materi dengan lebih efektif dan efisien. Kata Kunci : E-Modul Pembelajaran,, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, I-Springsuit9.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Sep 2024 02:50
Last Modified: 25 Sep 2024 02:50
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9337

Actions (login required)

View Item View Item