RIFANI FITRI, . (2024) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Skripsi Rifani Fitri_Cover sampai Bab 3 - Rifani Fitri.pdf.docx Download (803kB) |
|
Text
Skripsi Rifani Fitri_Bab 4 sampai Bab 5 - Rifani Fitri.pdf.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Skripsi Rifani Fitri_Daftar Pustaka sampai Lampiran - Rifani Fitri.pdf.docx Download (3MB) |
Abstract
Fitri, Rifani. 2024. Analisi Kemampuuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Moh. Shaefur Rokhman, M.Si Pembimbing II : Ibnu Sina, S.T., M.Pd., M.Kom Kata Kunci : Analisis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Menyelesaikan Soal, Gaya Belajar Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa pada soal statistika berdasarkan gaya belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dan jenis penelitian ini menekankan pada kualitas dan mempunyai sifat alamiah atau didasarkan pada peristiwa yang terjadi disekitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket gaya belajar, tes kemampuan komunikasi matematis serta wawancara guru dan siswa. Pengisian angket belajar siswa dan tes kemampuan komunikasi matematis diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII C MTs Negeri 5 Brebes yang berjumlah 30 siswa dan memperoleh 6 subjek penelitian berdasarkan angket gaya belajar yang masing-masing terdiri dari 3 gaya belajar yaitu, 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar auditori dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Hasil analisis tes kemampuan komunikasi matematis menunjukkan bahwa 30 siswa yang mengikuti tes yaitu, sebanyak 3 siswa berada dikategori tinggi, sebanyak 10 siswa berada dikategori sedang, dan sebnyak 17 siswa berada dikategori rendah. Sedangkan pada hasil analisis angket gaya belajar menunjukkan bahwa 30 siswa yang secara dominan adalah gaya belajar visual sebanyak 19 siswa. Gaya belajar auditori sebanyak 8 siswa dan gaya belajar kinestetik sebanyak 3 siswa. Hasil penelitian memunjukkan bahwa siswa yang mempunyai gaya belajar visual dengan kemampuan komunikasi sebesar 28% atau berada pada kategori sedang. Siswa yang mempunyai gaya belajar visual dengan kemampuan komunikasi sebesar 25% atau berada pada kategori rendah. Siswa yang mempunyai gaya belajar auditori dengan kemampuan komunikasi sebesar 28% atau berada pada kategori sedang. Siswa yang mempunyai gaya belajar auditori dengan kemampuan komunikasi sebesar 23% atau berada pada kategori rendah. Siswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik dengan kemampuan komunikasi sebesar 28% atau berada pada kategori sedang. Siswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik dengan kemampuan komunikasi sebesar 17% atau berada pada kategori rendah.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 04:02 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 04:02 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9380 |
Actions (login required)
View Item |