PENGEMBANGAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA KELAS X (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Materi Pokok Statistika)

ARMELA RIZKY NURHIDAYAH, . (2024) PENGEMBANGAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA KELAS X (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Materi Pokok Statistika). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
ARMELA RIZKY NURHIDAYAH_PMAT_SKRIPSI COVER-BAB 1-3 - armela rizky.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ARMELA RIZKY NURHIDAYAH-PMAT-SKRIPSI BAB 4-5 - armela rizky.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ARMELA RIZKY NURHIDAYAH-PMAT-SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN_compressed - armela rizky.pdf

Download (7MB)

Abstract

NURHIDAYAH, ARMELA RIZKY. 2024. Pengembangan LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik pada Materi Statistika Kelas X (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Materi Pokok Statistika). Skripsi. Pendidikan Matematika . Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dian Nataria Oktaviani, S.Si., M.Pd. Pembimbing II : Hj. Isnani, M.Si., M.Pd Kata Kunci : Pengembangan LKPD, Kemampuan Pemecahan Masalah, Statistika Proses pembelajaran matematika peserta didik masih merasa kesulitan dalam mengerjakan soal yang merujuk pada kemampuan pemecahan masalah pada materi statistika dan belum adanya LKPD yang digunakan selama pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menjelaskan langkah-langkah dalam mengembangkan LKPD yang valid untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi statistika kelas X. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Al-Irsyad Tegal tahun pelajaran 2023/2024. Prosedur pengembangan yang digunakan yakni model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis (analyze), desain/perangcangan (design), pengembangan (develop), implementasi (implement) dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Tahap analisis dilakukan untuk mengetahui permasalahan dan kebutuhan peserta didik. Tahap desain dilakukan untuk merancang LKPD. Tahap pengembangan dilakukan untuk mewujudkan rancangan menjadi produk LKPD, mengukur kevalidan LKPD serta implementasi terbatas dan evaluasi kepada peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara dan angket validasi. Wawancara digunakan pada tahap analisis dan angket validasi yang digunakan untuk mengukur kevalidan dari LKPD yang dikembangkan. Validasi dilakukan oleh empat dosen ahli dan dua guru matematika. Kevalidan LKPD dinilai dari penilaian para ahli dengan skor maksimal 4 untuk setiap pernyataan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian LKPD dari empat dosen dan dua guru matematika sebesar 3,88 dengan kategori sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan dikategorikan sangat valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Oct 2024 01:13
Last Modified: 03 Oct 2024 01:13
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9391

Actions (login required)

View Item View Item