Reica, Sherlin Melvia., . (2024) ENHANCING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH CAKE APPLICATION AS A LEARNING MEDIUM (An Experimental Research in the Eleventh Grade Students of SMA Al – Irsyad Tegal in the Academic Year of 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SHERLIN MELVIA REICA_PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS_ENHANCING STUDENTS' VOCABULARY MASTERY THROUGH CAKE APPLICATION AS A LEARNING MEDIUM (Bab 4 - 5) - SherlinMr.pdf Download (681kB) |
|
Text
SHERLIN MELVIA REICA_PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS_ENHANCING STUDENTS' VOCABULARY MASTERY THROUGH CAKE APPLICATION AS A LEARNING MEDIUM (Bab 1-3) - SherlinMr.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
dafpus - lampiran - SherlinMr.pdf Download (7MB) |
Abstract
Reica, Sherlin Melvia. 2024. 1620600001: “Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa melalui Aplikasi Cake sebagai Media Pembelajaran (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Al – Irsyad Tegal pada Tahun Ajaran 2023/2024)”. Proyek Penelitian. Program Strata 1, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing Pertama Drs. Rofiudin, M.Hum dan Pembimbing Kedua N.L. Molla, S.Pd, M.Hum. Kata kunci: Penguasaan Kosakata, Media Pembelajaran, Aplikasi Cake Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan Aplikasi Cake sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa di SMA Al – Irsyad Tegal. Aplikasi Cake adalah salah satu media pembelajaran berbasis teknologi pada smartphone untuk belajar bahasa Inggris. Aplikasi ini digunakan dalam penelitian dan sangat mudah digunakan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris seperti membaca, berbicara, menulis, terutama untuk meningkatkan penguasaan kosakata. Hipotesis penelitian ini adalah penggunaan Aplikasi Cake sebagai media pembelajaran memiliki pengaruh positif terhadap penguasaan kosakata siswa kelas XI di SMA Al – Irsyad pada tahun ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Al – Irsyad Tegal dengan total 169 siswa. Penulis menggunakan cluster random sampling dengan desain dua kelompok (kelompok eksperimen dan kelompok kontrol). Jumlah total sampel adalah 53 siswa, 33 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 20 siswa sebagai kelompok kontrol. Sebelum diberikan perlakuan, setiap kelompok diberi pre-test. Kelompok eksperimen adalah kelompok siswa yang melakukan perlakuan menggunakan Aplikasi Cake sebagai media pembelajaran, sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok siswa yang melakukan perlakuan tanpa menggunakan Aplikasi Cake. Setelah enam kali pertemuan, penulis memberikan tes akhir (post-test) kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebagai hasil dari perlakuan. Penulis menganalisis data uji t menggunakan Independent Sample T test dengan SPSS versi 27, dan nilai uji t adalah 5.094. Sementara itu, t-tabel dengan referensi formula (a / 2); (df) adalah 2.008. Dengan demikian, nilai t lebih besar dari t-tabel (5.094 > 2.008). Berdasarkan hasil tersebut, H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti ada pengaruh positif terhadap penguasaan kosakata siswa kelas XI SMA Al – Irsyad Tegal dengan menggunakan Aplikasi Cake sebagai media pembelajaran. Maka, penulis menyarankan agar guru bahasa Inggris menggunakan Aplikasi Cake untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 02:16 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:16 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9412 |
Actions (login required)
View Item |