RAFINA HURUL AINI, . (2024) KEPRIBADIAN TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL “172 DAYS” KARYA NADZIRA SHAFA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Tugas Akhir thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER SAMPAI BAB 3 RAFINA HURUL AINI - Rafina Hurul Aini.docx Download (525kB) |
|
Text
BAB 4 DAN 5 RAFINA HURUL AINI - Rafina Hurul Aini.docx Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN RAFINA HURUL AINI - Rafina Hurul Aini.docx Download (2MB) |
Abstract
Aini, Rafina Hurul. 2024. “Kepribadian Tokoh Perempuan dalam Novel “172 Days” Karya Nadzira Shafa dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Afsun Aulia Nirmala, M.Pd. Pembimbing II: Wahyu Asriyani, M.Pd. Kata Kunci: Keperibadian, novel, psikologi sastra, dan pembelajaran. Penelitian ini membahas kepribadian, novel, psikologi sastra, dan pembelajaran. Kepribadian dan psikologi sastra dalam penelitian ini menjelaskan mengenai kombinasi sifat, pola pikir, dan sikap individu yang berkaitan dengan karya sastra seperti karakter, proses kreatif pengarang, maupun respon pembaca. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kepribadian tokoh perempuan dalam novel "172 Days" karya Nadzira Shafa dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Sumber data adalah novel "172 Days" karya Nadzira Shafa, dengan wujud data berupa kata, kalimat, dan wacana yang menggambarkan karakteristik kepribadian tokoh perempuan. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah: mengidentifikasi tipe kepribadian tokoh, mengklasifikasikan data, menganalisis hasil data, menyimpulkan kepribadian tokoh Zira berdasarkan teori Hippocrates-Galenus dari hasil penelitian yang telah diperoleh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik kepustakaan dan teknik simak catat, sementara teknik analisis data menggunakan deskriptif analisis. Hasil penelitian berdasarkan teori Hippocrates-Galenus menunjukkan bahwa terdapat empat tipe kepribadian dalam novel ini: koleris, melankolis, phlegmatis, dan sanguinis. Implikasi penelitian ini terhadap pembelajaran sastra di SMA dijabarkan dalam modul Bahasa Indonesia untuk semester ganjil kelas XII dengan IPK: Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun novel dan menganalisis unsur intrinsik dalam novel. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan kajian psikologi sastra dan praktis dalam pembelajaran sastra di sekolah.
Item Type: | Karya Ilmiah (Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 04:29 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 04:29 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9446 |
Actions (login required)
View Item |