PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 7 Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Materi Pokok Segiempat)

ALFIN HIDAYAHTI, . (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 7 Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Materi Pokok Segiempat). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER - BAB 3 - Alfin Hidayahti.pdf

Download (839kB)
[img] Text
BAB 4 - BAB 4 - Alfin Hidayahti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN - Alfin Hidayahti.pdf

Download (9MB)

Abstract

Hidayahti, Alfin. 2024. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Interaktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 7 Tegal Tahun Pelajaaran 2023/2024 pada Materi Segiempat). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1 : Ahmadi S.Pd., M.Si. Pembimbing 2 : Dian Nataria Oktaviani, S.Si., M.Pd. Kata kunci : Pengembangan E-LKPD Interaktif, Liveworksheet, segiempat, kemampuan berpikir kritis. Proses pembelajaran matematika peserta didik kesulitan mengerjakan soal yang merujuk berpikir kritis materi segiempat karena kurangnya bahan ajar yang interaktif. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu mengetahui E-LKPD Interaktif yang valid dan menjelaskan tahapan pengembangan E-LKPD Interaktif materi segiempat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 7 Tegal. Model pengembangan pada penelitian ini yaitu ADDIE yang meliputi tahap Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Namun dalam penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap pengembangan. Tahap analisis dilakukan untuk mengumpulkan informasi kebutuhan peserta didik. Tahap perancangan dilakukan untuk merancang bahan ajar E-LKPD Interaktif materi segiempat. Tahap pengembangan dilakukan untuk merealisaikan produk E- LKPD Interaktif materi segiempat yang telah dirancang dan mengukur kevalidan serta keterbacaan E-LKPD Interaktif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini lembar validasi E-LKPD Interaktif oleh dosen ahli dan guru matematika, lembar validasi angket respon pengguna oleh dosen ahli, serta angket respon peserta didik. Hasil penilaian E-LKPD Interaktif dari validator yaitu sebesar 3,84 dengan kategori sangat valid. Kesimpulan yang diperoleh bahwa E-LKPD Interaktif materi segiempat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:49
Last Modified: 08 Oct 2024 03:49
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9581

Actions (login required)

View Item View Item