PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK INKLUSI DI SMP NEGERI 5 KOTA TEGAL

MA’WA NIHLAKH, . (2024) PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK INKLUSI DI SMP NEGERI 5 KOTA TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER & BAB 1-3 MA'WA - Ma'wa Nihlakh.docx

Download (572kB)
[img] Text
BAB 4 & 5 MA'WA NIHLAKH - Ma'wa Nihlakh.docx
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN MA'WA - Ma'wa Nihlakh.docx

Download (4MB)
[img] Text
BAB 4 & 5 MA'WA NIHLAKH - Ma'wa Nihlakh.docx

Download (62kB)
[img] Text
BAB 4 & 5 MA'WA NIHLAKH - Ma'wa Nihlakh.docx

Download (62kB)

Abstract

Nihlakh, Ma’wa. 2024. Penerapan Layanan Konseling Individu untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Anak Inklusi di SMP Negeri 5 Kota Tegal. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Mulyani, M.Pd Pembimbing II : Dr. Suriswo, M.Pd Kata Kunci : Kepercayaan diri, konseling individu, anak inklusi Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Mengetahui tingkat kepercayaan diri pada anak inklusi sebelum diberikan layanan konseling individu. (2) Mengetahui tingkat kepercayaan diri pada anak inklusi setelah diberikan layanan konseling individu. (3) Mengetahui apakah penerapan layanan konseling individu dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak inklusi. Penelitian ini menggunakan mixed methods, yaitu penggabungan antara metode kualitatif dan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) tingkat kepercayaan diri sebelum diberikan layanan konseling individu masih dalam kategori rendah yaitu diperoleh skor presentase angket pada angka 43% dan 50% serta diperkuat dari hasil wawancara kepada kedua wali kelas anak inklusi. (2) tingkat kepercayaan diri setelah diberikan layanan konseling individu meningkat pada kategori tinggi yaitu diperoleh skor presentase angket menjadi 76% dan 68% serta diperkuat dari hasil wawancara kepada kedua wali kelas anak inklusi. (3) perolehan skor presentase angket yang meningkat dan hasil wawancara kedua wali kelas menunjukkan bahwa penerapan layanan konseling individu dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak inklusi, hal ini didukung juga dari hasil uji paired sample t-test dengan nilai signifikan (2-tailed) adalah 0,043 atau < 0,05 yang menunjukan bahwa bahwa dalam menerapkan layanan konseling individu dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak inklusi di SMP Negeri 5 Kota Tegal.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Oct 2024 06:40
Last Modified: 08 Oct 2024 06:40
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9596

Actions (login required)

View Item View Item