PENGARUH PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA IHSANIYAH KOTA TEGAL

Cahya Rusetiana Nastiti, . (2024) PENGARUH PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA IHSANIYAH KOTA TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
BAB 1-3 Cahya Rusetiana N. Skripsi - Cahya Rusetiana Nastiti.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4 dan BAB 5 Cahya Rusetiana N. - Cahya Rusetiana Nastiti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran Cahya Rusetiana N. - Cahya Rusetiana Nastiti.pdf

Download (5MB)

Abstract

NASTITI, CAHYA, RUSETIANA. 2024. Pengaruh Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di Sma Ihsaniyah Kota Tegal. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Dewi Apriani, Fr.,M.M Pembimbing II Dr. Dewi Amaliah N, S.Pd., M.Si Kata Kunci : Kurikulum Merdeka , Motivasi Belajar , Prestasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Kurikulum Merdeka, Motivasi Belajar, terhadap Prestasi Belajar siswa kelas X SMA Ihsaniyah Kota Tegal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Siswa kelas X SMA Ihsaniyah Kota Tegal yang berjumlah 114 Siswa dan menggunakan sampel jenuh dimana semua populasi di jadikan sebgai sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini Observasi, angket, dokumentasi. Teknik analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, uji parsial dan uji simultan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikasi (1) kurikulum merdeka memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar thitung 21,598 > ttabel 1,659 (2) Motivasi Belajar memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar thitung 20,515 > ttabel 1,659. (3) Hasil penelitian ini di harapkan dapat menjadi informasi dan masukan bagi sekolah, guru dan siswa. Variabel Pelaksanaan Kurikulum Merdeka memiliki pengaruh sebesar 80,6% terhadap prestasi belajar, variabel Motivasi Belajar memiliki pengaruh 79% terhadap prestasi belajar dan variabel pelaksanaan kurikulum merdeka dan motivasi belajar memiliki pengaruh 84,6% terhadap prestasi belajar. Saran bagi penelitian selanjutya mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan metode lain dalam meneliti pelaksanaan kurikulum merdeka dan motivasi belajar,misalnya melalui wawancara langsung secara mendalam terhadap responden.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Oct 2024 06:40
Last Modified: 08 Oct 2024 06:40
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9597

Actions (login required)

View Item View Item