PENGGUNAAN MODEL STEM-INQUIRY BERBANTUAN E-LKPD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERORIENTASI ISU SDGS

Sholihah, Nadyatus. 2024. Penggunaan Model STEM-INQUIRY berbantu, . (2024) PENGGUNAAN MODEL STEM-INQUIRY BERBANTUAN E-LKPD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERORIENTASI ISU SDGS. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover-Bab 3_Nadyatus Sholihah_PIPA - Nadyatus Sholihah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4-5_Nadyatus Sholihah_PIPA - Nadyatus Sholihah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
Daftar Pustaka-Lampiran_Nadyatus Sholihah_PIPA - Nadyatus Sholihah.pdf

Download (9MB)

Abstract

Sholihah, Nadyatus. 2024. Penggunaan Model STEM-INQUIRY berbantuan E- LKPD Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan Berorientasi Isu SDGs. Skripsi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Muriani Nur Hayati, M.Pd Pembimbing II : Bayu Widiyanto, M.Si Kata Kunci : Model STEM-INQUIRY, E-LKPD, Kemampuan Pemecahan Masalah, Discovery Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas model pembelajaran STEM-INQUIRY berbantuan E-LKPD dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik, dan untuk mengetahui profil kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran STEM-INQUIRY. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain pretest-posttest group. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran STEM-INQUIRY berbantuan E-LKPD, dan kelas VII H sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model discovery learning berbantuan E-LKPD. Menggunakan instrumen tes tertulis berupa soal pretest dan posttest , instrumen non tes berupa angket respon siswa, modul ajar, E-LKPD, dan lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran STEM-INQUIRY berbantuan E-LKPD berada pada tingkatan “cukup efektif” dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi pencemaran lingkungan, dengan persentase N-Gain sebesar 62,4%. Sedangkan Profil kemampuan pemecahan masalah siswa setelah menggunakan model STEM-INQUIRY berbantuan E-LKPD yakni 64% berada pada kategori “tinggi”, 33% berada pada kategori “sangat tinggi”, dan 3% kategori “sedang”, dan berdasarkan persentase rata-rata per indikator, hasil yang diperoleh dalam kategori tinggi adalah 90% untuk indikator memahami masalah dan 91% untuk indikator menyusun rencana.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Oct 2024 01:21
Last Modified: 09 Oct 2024 01:21
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9603

Actions (login required)

View Item View Item