PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN REALISTIK PADA MATERI PELUANG PERMUTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATISASI PESERTA DIDIK KELAS XI PPLG SMK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI Semester Genap SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Materi Pokok Peluang)

Arif Rakhman, . (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN REALISTIK PADA MATERI PELUANG PERMUTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATISASI PESERTA DIDIK KELAS XI PPLG SMK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI Semester Genap SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Materi Pokok Peluang). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover sampai bab 3 - Arif Rakhman.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4 - 5 - Arif Rakhman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran - Arif Rakhman.pdf

Download (8MB)

Abstract

RAKHMAN, ARIF. 2024. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Realistik pada Materi Peluang Permutasi untuk Meningkatkan Kemampuan Matematisasi Peserta Didik Kelas XI. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dian Nataria Oktaviani, S.Si., M.Pd Pembimbing II : Dr. Paridjo Kata Kunci : Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), pendekatan realistik, peluang permutasi, kemampuan matematisasi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan tahapan dalam mengembangkan LKPD yang valid dengan menggunakan pendekatan realistic pada materi peluang permutasi untuk meningkatkan kemampuan matematisasi peserta didik kelas XI. Indikator kemampuan matematisasi peserta didik (1) identifikasi masalah, (2) menerjemahkan masalah dunia nyata ke dalam masalah matematika yang representatif, (3) menyelesaikan masalah matematika menggunakan bentuk matematika, (4) setelah diperoleh penyelesaian formal, terjemahkan kembali ke dalam bentuk masalah nyata. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI PPLG di SMK PGRI 2 Taman Pemalang. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Develoment), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Pada penelitian ini tahapan pengembangan LKPD dibatasi sampai pada tahap Pengembangan (Development), sehingga dilakukan modifikasi model pengembangan tersebut sesuai dengan kebutuhan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan angket validasi. Wawancara dalam penelitian ini digunakan sebagai data pada tahap analisis, dan angket validasi dilakukan untuk mendapatkan data penilaian para ahli terhadap LKPD yang dikembangkan. Instrumen pengumpulan data angket validasi dilakukan oleh lima ahli yaitu tiga dosen ahli Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal dan dua guru Matematika SMK PGRI 2 Taman Pemalang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil penilaian LKPD dari selurh validator adalah 3,84 dengan kategori sangat valid, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki kategori sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:40
Last Modified: 09 Oct 2024 02:40
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9639

Actions (login required)

View Item View Item