TEGUH IKHMAL BAKHTIAR, . (2024) PENGARUH METODE TEAM-BASED PROJECT PADA PRAKTIKUM SEL VOLTA DENGAN BAHAN ALAMI DAN KIMIA TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA KELAS X PELAJARAN IPAS SMK SKRIPSI Diajukan sebagai salah satu syarat dalam rangka penyelesaian studi strata 1 untuk mencapai gelar sarjana Pendidikan program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Cover_Bab III_Skripsi_Teguh Ikhmal Bakhtiar - Teguh Ikhmal Bakhtiar.docx Download (4MB) |
|
Text
Bab IV_Bab V_Skripsi_Teguh Ikhmal Bakhtiar - Copy - Teguh Ikhmal Bakhtiar.docx Restricted to Repository staff only Download (608kB) |
|
Text
Dafpus_Lampiran_Skripsi_Teguh Ikhmal Bakhtiar - Teguh Ikhmal Bakhtiar.docx Download (3MB) |
Abstract
Bakhtiar, Teguh Ikhmal. 2024. Pengaruh Metode Team-based project Pada Praktikum Sel Volta dengan Bahan Alami dan Kimia Terhadap Minat Belajar dan Kemampuan Kolaborasi Siswa Kelas X Pelajaran IPAS SMK. Skripsi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Prof. Dr. Purwo Susongko, M.Pd Pembimbing II: Fahmi Fatkhomi, M.Pd Kata kunci: Team-based project, Minat belajar, Kemampuan kolaborasi. Abad ke-21 sering disebut sebagai zaman pengetahuan, di mana semua elemen berupaya memenuhi kebutuhan mereka dalam berbagai konteks yang didasarkan pada pengetahuan. Perubahan zaman yang menuntut peserta didik untuk menguasai abad 21 berdampak pada pendidikan, dampak tersebut mengarah pada dimana peserta didik harus memiliki kemampuan kerja sama. Minat belajar juga penting karena berpengaruh terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah metode team-based project pada praktikum sel volta dengan bahan alamu dan kimia dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan kolaborasi. Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. metode pra-eksperimen adalah metode yang desainnya belum sepenuhnya eksperimen yang sesungguhnya. Ini terjadi karena masih ada variabel luar yang ikut memengaruhi hasil, yang disebut variabel dependen. Dalam desain kegiatan penelitian ini, tes awal dilakukan sebelum perlakuan dan tes akhir dilakukan setelah perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perubahan berupa peningkatan minat belajar dan kemampuan kolaborasi peserta didik. Perbedaan ini terlihat pada uji paired sample T-test yang telah dilakukan. Hasil uji paired sample t-test variabel minat belajar dan kemampuan kolaborasi mendapatkan hasil sig. (2-failed) 0,000 atau terdapat pengaruh.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 03:28 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 03:28 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9656 |
Actions (login required)
View Item |