FANI KHOIRUN NISA, . (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP EFIKASI DIRI DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 7 Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Materi Statistika). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
cover sampai bab 3_Fani Khoirun Nisa - Fani Khoirunisa.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab 4 sampai bab 5_Fani Khoirun Nisa - Fani Khoirunisa.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
|
Text
daftar pustaka sampai lampiran_Fani Khoirun Nisa - Fani Khoirunisa.pdf Download (6MB) |
Abstract
Nisa, Fani Khoirun. 2024. Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Efikasi Diri dan Kemampuan Penalaran Matematis (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 7 Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Materi Statistika). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Munadi, M.Si Pembimbing II : M. Shaefur Rohkman, M.Si Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Efikasi Diri, Kemampuan Penalaran Matematis Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih efektif terhadap tingkat efikasi diri peserta didik dibandingkan dengan model ekspositori. (2) model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih efektif terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik dibandingkan dengan model ekspositori. Populasi pada penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP Negeri 7 Tegal yang berjumlah 254 peserta didik. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas kelas eksperimen yaitu kelas VIII H, kelas kontrol yaitu kelas VIII F, dan kelas uji coba yaitu kelas VIII G. Pengumpulan data penelitian ini dengan metode angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode Likert’s Summated Rating (LSR), uji proporsi satu pihak kanan, uji one sampel t-test dan uji-t satu pihak kanan, dimana datanya telah diuji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penilaian tingkat efikasi diri kelas eksperimen pada interpretasi metode LSR dinilai efektif dengan persentase 80%, dan tingkat efikasi diri peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada menggunakan model ekspositori. (2) kemampuan penalaran matematis kelas eksperimen yang nilanya mencapai KKTP 78 melampaui 50%, rata-rata nilai penalaran matematis kelas eksperimen telah melampaui KKTP 78, dan kemampuan penalaran peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada menggunakan model ekspositori.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 02:14 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 02:14 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9685 |
Actions (login required)
View Item |