ISNAENI ROSALINA KUSUMA DEWI, . (2024) PERTANGGUNGJAWABAN ETIK PERUSAHAAN ATAS PEMASANGAN IKLAN YANG MELANGGAR KODE ETIK PERIKLANAN. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER-BAB II - Isnaeni Rosalina.docx Download (605kB) |
|
Text
BAB III-IV - Isnaeni Rosalina.docx Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - Isnaeni Rosalina.docx Download (22kB) |
Abstract
Isnaeni Rosalina Kusuma Dewi, 5120600049, Pertanggungjawaban Etik Perusahaan Atas Pemasangan Iklan Yang Melanggar Kode Etik Periklanan, Pembimbing1 : Dr. H. Sanusi, M.H., Pembimbing 2 : Dr. Evy Indriasari, M.H. Dunia periklanan dewasa ini mengalami kemajuan yang sangat cepat dan luar biasa. Banyak iklan di media elektronik dan cetak yang sangat kreatif. Namun, melihat lebih jauh ke iklan-iklan tersebut, beberapa orang mengatakan bahwa beberapa di antaranya melanggar kode etik periklanan Indonesia, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Ini jelas menunjukkan pergulatan antara kepentingan bisnis dan etika di satu sisi, dan hal ini disebabkan oleh fakta bahwa industri periklanan di Indonesia masih sangat awam tentang kode etik.Ketika diiklankan terdapat hal-hal yang bertentangan dengan alasan publik, misalnya hal-hal yang diiklankan tidak sesuai dengan kenyataan sehingga muncul masalah yang jelas merugikan pihak konsumen. Karena keberadaan iklan tidak terlepas dari keberadaan produsen pengiklan, dan media, sehingga kerugian menimpa pihak ketiga yaitu konsumen, maka pelaku usaha harus bertanggung jawab (strict liability). Jenis penelitian ini menggunakanhukumnormatifyangmenggunakan data sekunder yang ada di perpustakaan atau biasa dikenal dengan penelitian dokumen. Dan penelitian ini menggunakan pendekatan perUndang-undangan. Data yang peroleh dari data sekunder yang terdiri dari hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier (pelengkap). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertanggungjawaban etik perusahaan atas pemasangan iklan yang melanggar etika periklanan yaitu pertanggungjawaban secara adminsitratif berupa penarikan ilkan yang telah melanggar etika periklanan yang dilakukan oleh komisi penyiaran Indonesia. Komisi penyiaran Indonesia melakukan penegakan hukum dalam konteks represif dan meminta pihak pelaku usaha memperbaiki iklan yang telah melanggar etika periklanan. Kata kunci : Tanggung jawab, Iklan, pelanggaran iklan, kode etik, etika pariwara Indonesia.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 02:14 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 02:14 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9686 |
Actions (login required)
View Item |