HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP N 03 BULAKAMBA BREBES

PANJI PRIMA WARDANA, . (2024) HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP N 03 BULAKAMBA BREBES. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER - BAB 3 - Prima War.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV - BAB V - Prima War.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA L - LAMPIRAN - Prima War.pdf

Download (1MB)

Abstract

WARDANA, PANJI PRIMA 2024, “Hubungan Antara Kecanduan Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas VIII Di SMP N 03 Bulakamba Brebes” Prodi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Mulyani, M.Pd Pembimbing II : Dr. Rahmad Agung Nugraha, M,Si Kata kunci : Kecanduan game online, prokrastinasi akademik Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisi hubungan antara kecanduan game online terhadap prokrastinasi akademik peserta didik kelas VIII di SMP N 03 Bulakamba Brebes. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil pengolahan data disimpulkan bahwa kecanduan game online berpengaruh signifikan terhadap prokrastinasi akademik peserta didik. Bagi peserta didik di SMP N 03 Bulakamba Brebes agar dapat mengurangi kebiasaan kecanduannya terhadap game online serta prokrastinasi akademik, serta meningkatkan motivasi berprestasi sehingga berani menghadapi tugas dengan penuh tanggung jawab. Serta untuk mengetahui kondisi peserta didik hubungan antara kecanduan game online terhadap prokrastinasi akademik perserta didik kelas VIII di SMP N 03 Bulakamba Brebes. Untuk mengetahui kondisi perilaku perserta didik di SMP N 03 Brebes Bulakamba. Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kecanduan game online terhadap prokrastinasi akademik. Dari tabel ringkasan model diperoleh nilai = 0,786 artinya variabel independen prokrastinasi akademik dapat memprediksi nilai variabel dependen terhadap hasil belajar siswa sebesar 2,55%, dan sisanya sebesar 556,1% dijelaskan oleh faktor lain. Output di atas juga menjelaskan bahwa angka R adalah 0,556. Dapat disimpulkan bahwa terdapat sedikit hubungan antara kecanduan game online dengan prokrastinasi akademik siswa. Berdasarkan hasil pengolahan di SPSS 24 sebesar -7,665 dan nilai tersebut dapat dilihat pada tabel statistik dengan signifikansi 0,06/3 = 0,02. = 0,786 > 1,66, sehingga diperoleh hasil t (0,025;89) = 1,66. Nilai signifikansi 0,00. Nilai signifikansi < 0,05 (0,0 < 0,05), Ho ditolak dan Ha diterima. Penggunaan permainan daring diyakini sebagai salah satu faktor paling signifikan di balik keterlambatan akademis siswa. Bagi perserta didik di SMP N 03 Bulakamba Brebes agar dapat meningkatkan hasil belajar dengan cara mengurangi kecanduan game online serta kebiasaan menunda nunda pekerjaan, serta meningkatkan motivasi tugas dengan penuh tanggung jawab dan iklas.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Oct 2024 02:17
Last Modified: 11 Oct 2024 02:17
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9717

Actions (login required)

View Item View Item