BINTANG DEWI PRAMUDITA, . (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIGITAL AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VII. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI BINTANG COVER-BAB 3 - Bintang Dewi Pramudita.docx Download (836kB) |
|
Text
SKRIPSI BINTANG BAB 4-BAB 5 - Bintang Dewi Pramudita.docx Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
Text
SKRIPSI BINTANG DAFPUS-LAMPIRAN - Bintang Dewi Pramudita.docx Download (10MB) |
Abstract
Pramudita, Bintang Dewi. 2024. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Digital Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Sistem Tata Surya Kelas VII. Skripsi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Muriani Nur Hayati, M.Pd Pembimbing II : Bayu Widiyanto, M.Si Kata Kunci : Model Discovery Learning, Media Augmented Reality, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Tata Surya Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui tingkat efektivitas penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media digital augmented reality untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem tata surya. (2) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran kelas yang menggunakan model discovery learning berbantuan media digital augmented reality dengan kelas yang menggunakan model discovery learning tanpa berbantuan media digital augmented reality. Jenis penelitian ini yaitu quasi exsperiment dengan desain penelitian the non-equivalen group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang menghasilkan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa soal pretest-posttest, angket respon peserta didik terhadap pembelajaran, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji N-Gain score dengan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini yaitu (1) model discovery learning berbantuan media digital augmented reality cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan N-Gain score 69,64%. (2) respon pembelajaran siswa kelas eksperimen yang menggunakan model discovery learning berbantuan media digital augmented reality termasuk kategori sangat baik dengan skor sebesar 91,36%. Sedangkan respon siswa kelas kontrol yang tanpa berbantuan media digital augmented reality termasuk kategori baik dengan skor sebesar 72,15%.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 02:38 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 02:38 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9752 |
Actions (login required)
View Item |