AULIA ROSANTI, . (2024) PENERAPAN MODEL TGT PENDEKATAN STEM BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
cover - bab 3 - Aulia Rosanti.docx Download (1MB) |
|
Text
BAB IV- Bab V - Aulia Rosanti.docx Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
|
Text
DAFPUS DAN LAMPIRAN-dikompresi - Aulia Rosanti.pdf.docx Download (11MB) |
Abstract
Rosanti, Aulia. 2024. Penerapan TGT Pendekatan STEM Berbantuan Articulate Storyline 3 Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Ekologi Dan Keanekaragaman Hayati. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1 : Muriani Nur Hayati, M. Pd Pembimbing II : Bayu Widiyanto, M.Si Kata Kunci : Model TGT (Teams Games Tournament), STEM, Articulate Storyline 3, Keterampilan Kolaborasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) Mengetahui perbedaan keterampilan kolaborasi antar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran TGT pendekatan STEM berbantuan media Articulate Storyline 3 dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran TGT Pendekatan STEM tidak dengan media Articulate Storyline 3. (2) perbedaam hasil belajar antar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran TGT Pendekatan STEM berbantuan media Articulate Storyline 3 dibandingkan dengan peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran TGT Pendekatan STEM dengan media Articulate Storyline 3. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Kuasi Eksperimental dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sample penelitian yang digunakan ada dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini berupa soal pretest-posttes, lembar observasi, angket respon pembelajaran dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Data dianalisis dengan menggunakan uji Independent T-Test. Hasil penelitian ini (1) menunjukan terdapat perbedaan keterampilan kolaborasi dan perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada keterampilan kolaborasi antara dua kelas didapat nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05.pada analisis menggunakan Independent T-Test yang artinya terdapat perbedaan keterampilan kolaborasi yang signifikan. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelas yang dibuktikan dengan analisis Independent Sample T-Test yang menunjukan nilai sig (2-tailed) 0,002 < 0,05.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 01:54 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 01:54 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9768 |
Actions (login required)
View Item |