NIA ELFIANA, . (2024) STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN LITERASI SAINTIFIK PADA MATERI ZAT DAN PERUBAHANNYA MELALUI PRAKTEK GUIDED INQUIRY DAN FREE INQUIRY. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Cover-BAB 3 - Nia Elviana.docx Download (448kB) |
|
Text
BAB 4 -5 - Nia Elviana.pdf.docx Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
|
Text
Daftar Pustaka - Lampiran - Nia Elviana.pdf.docx Download (61MB) |
Abstract
ELFIANA, NIA. 2024. Kemampuan Literasi Saintifik Pada Materi Zat dan Perubahannya Melalui Praktek Guided Inquiry dan Free Inquiry. Skripsi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Prof. Dr. Purwo Susongko, M.Pd Pembimbing II : Bayu Widiyanto, M.Si. Kata Kunci : Kemampuan Literasi Saintifik, Guided Inquiry, Free Inquiry Tujuan penelitian yaitu (1) mengetahui perbandingan pengaruh model guided inquiry dan free inquiry terhadap kemampuan literasi saintifik peserta didik, (2) menemukan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model guided inquiry dan free inquiry terhadap kemampuan literasi saintifik peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah counterbalanced dengan desain one group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK PGRI 2 Taman tahun ajaran 2023/2024 dengan sampel penelitian yaitu kelas X PPLG 2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X DKV 3 sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes (pretest-posttest) dan non tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji paired sample t-test, uji cohen’s d effect size, analisis kemampuan literasi saintifik perindikator, dan analisis respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) uji paired sample t-test menyatakan Ha diterima artinya terdapat perbedaan kemampuan literasi saintifik dengan model guided inquiry dan free inquiry dengan sig, 0,000. Uji Cohen’s d pada kelas perlakuan model guided inquiry memperoleh nilai sebesar 1,09, skor tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model free inquiry dengan nilai Cohen’s d 0,12. Hasil tersebut diperkuat dengan analisis kemampuan literasi saintifik perindikator pada kelas model guided inquiry memperoleh hasil persentase sebesar 86,4%, hasil tersebut lebih tinggi dibandingkan kelas model free inquiry dengan nilai persentase 85,7% dan analisis respon peserta didik pada kelas model guided inquiry memperoleh nilai persentase sebesar 77,7%, hasil tersebut lebih tinggi dibandingkan kelas model free inquiry dengan persentase sebesar 74,5%. (2) Faktor pendukung menyatakan bahwa adanya keaktifan siswa, kepercayaan diri, dan adanya program P5 peserta didik menjadi lebih inovatif dan kreatif, faktor pengahambat menyatakan bahwa adanya kendala waktu dan sarana prasarana yang kurang memadai. Hasil analisis data menunjukan bahwa model Guided Inquiry lebih berpengaruh terhadap keamapuan literasi saintifik peserta didik dibandingkan dengan model Free Inquiry.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 01:55 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 01:55 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9770 |
Actions (login required)
View Item |