PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSITE MATA PELAJARAN INFORMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK FASE E SMK NEGERI KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

Muhammad Faiz Keumala, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSITE MATA PELAJARAN INFORMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK FASE E SMK NEGERI KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER-BAB 3_TESIS_MUHAMMAD FAIZ KEUMALA - faiz keumala.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB 4-BAB 5_TESIS_MUHAMMAD FAIZ KEUMALA - faiz keumala.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN_TESIS_MUHAMMAD FAIZ KEUMALA - faiz keumala.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Faiz Keumala, 2024, “Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Microsite mata pelajaran informatika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik fase E SMK Negeri Kebasen Kabupaten Banyumas” Kata Kunci : media pembelajaran berbasis microsite, informatika, hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran, mengetahui desain pengembangan media pembelajaran, mengetahui kualitas media pembelajaran, mengetahui keefektivan pengembangan media pembelajaran berbasis microsite pada mata pelajaran Informatika. Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau yang biasa di sebut dangan research and development. Sedangkan sampel menggunaan model ADDIE dengan 5 tahapan, yaitu analysze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Namun, dengan keterbatasan waktu dan tenaga peneliti menggunakan 3 tahapan dari 5 tahapan yang ada. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket untuk melihat kevalidan oleh ahli media, ahli materi dan guru mata pelajara, serta tes hasil belajar peserta didik untuk melihat keefektifan dari media yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan dari media pembelajaran berdasarkan ahli media sebesar 80% dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 88% dan penilaian oleh guru mata pelajaran sebesar 92% dengan kategori sangat laya. Sehingga media pembelajaran dikatakan valid. Sedangkan untuk tingkat keefektifan pengunaan media pembelajaran berbasis microsite yang tinggi. Temuan ini didukung oleh fakta lapangan dimana nilai terendah pre-test siswa adalah 54 dan nilai tertinggi adalah 80. Sementara itu, nilai terendah post-test siswa adalah 70 dan nilai tertinggi adalah 90. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis microsite dalam pelajaran Informatika di kelas X AK 1 SMK Negeri Kebasen efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dengan peningkatan nilai sebesar 12,94 poin atau 18,49%. Berdasarkan analisis kebutuhan untuk pengembangan produk baru seperti model, metode, media, atau bahan ajar. Desain pengembangan dalam model ADDIE mencakup realisasi rancangan produk yang telah dibuat pada tahap desain. Media pembelajaran hasil pengembangan ini memang telah diuji validasi kepada para ahli media/IT, ahli materi dan guru mata pelajaran. Media pembelajaran juga sudah dicobakan melalui berbagai tahap dan berdasarkan hasil penilaian menunjukkan tingkat keefektifan. Namun, media ini juga tidak menutup kemungkinan terdapat beberapa kekurangan lainnya. Oleh karena itu, apabila dalam penggunaan terdapat kesalahan dan kelemahannya segera dilakukan revisi agar keselahan tidak berpengaruh terhadap pemahaman pada peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:59
Last Modified: 16 Oct 2024 02:59
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9821

Actions (login required)

View Item View Item