SINTA KARUNIA, . (2024) PERSPEKTIF GURU TERHADAP PELAKSANAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) DALAM PENINGKATKAN KOMPETENSI DI SMA N 1 PANGKAH. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER SAMPAI BAB 3 - Sinta Karunia.docx Download (4MB) |
|
Text
BAB 4 - Sinta Karunia.docx Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN 2 docx - Sinta Karunia.pdf.docx Download (2MB) |
Abstract
KARUNIA, SINTA. 2024. “Prespektif Guru terhadap Pelaksanaan Platform Merdeka Mengajar dalam Peningkatkan Kompetensi di SMA Negeri 1 Pangkah”. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Tity Kusrina, M.Pd. Pembimbing II : R. Samidi, M.Pd. Kata Kunci : Prespektif Guru, Platform Merdeka Mengajar (PMM), Peningkatkan Kompetensi Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini berkaitan dengan Perspektif Guru terhadap Pelaksanaan Platform Merdeka Mengajar dalam Peningkatkan Kompetensi. Dimana aplikasi Platform Merdeka Mengajar masih belum optimal dalam menggunakannya karena sifatnya yang tidak wajib, sehingga menimbulkan pertanyaan apakah hal tersebut menjadi terbebani atau justru terbantu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif guru terhadap pelaksanaan platform merdeka mengajar dalam peningkatkan kompetensi yakni menganalisis dalam pelaksanaan program yang ada di aplikasi, menganalisis program-program PMM yang sudah dijalnkan, mengetahui dampak dari pelaksanaan program platform merdeka mengajar dan dapat mengetahui baik kekurangan ataupun kelebihan yang ada di aplikasi platform merdeka mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan Penelitian berupa penelitian deskriptif dan jenis penelitian berupa penelitian kualitatif. Selain itu data penelitian yang dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pemeriksaan Dan teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan Verifikasi. Penelitian tentang perspektif guru terhadap pelakasanaan platform merdeka mengajar dalam peningkatkan kompetensi. Hasil penelitian menyatakan bahwa masing-masing guru memiliki pandangan yang berbeda-beda, ada yang menyatakan bahwa aplikasi PMM sangat membantu, ada juga yang mengatakan keduanya. Selain itu kunci dari keberhasilan peningkatan kompetensi terletak pada masing-masing guru apakah ada keinginan mau belajar atau tidak. Karena dengan hanya sebuah aplikasi terkadang tidak semua guru bisa memahami secara penuh, masih ada rasa kemalasan untuk membuka dan hal tersebut berpengaruh pada peningkatan kompetensi yang kurang optimal dalam menggunakannya.Kemudian pengaruh peningkatan kompetensi lainnya pada saat melakukan aksi nyata, kebanyakan dari jawaban para guru merasa terbebani dengan adanya aksi nyata yang terlalu banyak persayaratan. Sehingga saran yang dihasilkan yaitu sebaiknya jangan terlalu banyak persayaratan terkait aksi nyata.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasaila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 03:19 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 03:19 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9822 |
Actions (login required)
View Item |