EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER GOTONG ROYONG KELAS XI TKRO DI SMK NEGERI 1 BUMIJAWA

CHAERUDIN ABDUL FATHIR, . (2024) EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER GOTONG ROYONG KELAS XI TKRO DI SMK NEGERI 1 BUMIJAWA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER SAMPAI BAB 3_merged - CHAERUDIN ABDUL FATHIR.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 4 SAMPAI BAB 5 - CHAERUDIN ABDUL FATHIR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - CHAERUDIN ABDUL FATHIR.docx

Download (33kB)

Abstract

Chaerudin Abdul Fathir, 2024, “Efektifitas Bimbingan Kelompok dengan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Karakter Gotong Royong Peserta Didik SMK Negeri 1 Bumijawa” Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Metode Sosiodrama, Gotong Royong Pendidikan adalah suatu hal yang penting yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, guna mengembangkan potensi yang terdapat pada setiap individu. Salah satu layanan dalam bimbingan konseling yang dapat membuat suasana menjadi hidup dan interaktif adalah menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan metode sosiodrama. Bimbingan kelompok adalah layanan yang menggunakan dinamika kelompok yang berjalan di bawah bimbingan pemimpin kelompok atau konselor dengan tujuan menekankan upaya bimbingan terhadap individu melalui kelompok. Dan sosiodrama adalah teknik bermain peran yang dilakukan secara spontan dengan permasalah- permasalahan sosial tanpa menggunakan naskah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap gotong royong pesera didik sebelum dan sesudah diberikan layanan serta efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan metode sosiodrama untuk meningkatkan karaker gotong royong pesera didik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan metode kuantitatif, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, dan analisis data bersifat kuantitatif/statistik. Sedangkan sampel dari kalangan peserta didik yang memperoleh KIP total 10 peserta didik. 10 sampel penelitian tersebut dibagi menjadi 2 kelompok, 5 sampel akan dijadikan subjek penelitian yang akan diberikan perlakuan dan 5 lainnya dimasukan ke kelompok kontrol. Instrumen pada penelitian ini menggunakan wawancara dan kuesioner untuk melihat kevalidan dan keefektifan dari metode yang dikembangkan. Hasil penelitian, uji normalitas dengan pendekatan Kolmogorov-Smirnov juga menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dengan nilai asymp. Sig. sebesar 0.929, lebih besar dari 0.05. Dengan demikian, data pre-test ini valid dan dapat digunakan untuk analisis lebih lanjut. Temuan dari hasil post-test menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam perilaku kooperatif peserta didik. Rata-rata skor post-test meningkat sebesar 52% dibandingkan dengan skor pre-test. Kesimpulanya menunjukkan bahwa intervensi yang dilakukan berhasil meningkatkan perilaku gotong royong di kalangan peserta didik. Pada kelompok eksperimen, terdapat peningkatan nilai yang signifikan dari pre-test ke post-test, dengan nilai rata-rata meningkat dari 68 menjadi 92.20. Pada kelompok kontrol yang tidak menerima perlakuan khusus, juga terdapat peningkatan nilai dari pre-test ke post test, namun peningkatannya tidak sebesar pada kelompok eksperimen. Nilai rata-rata meningkat dari 67.60 menjadi 79.40. Ini menunjukkan bahwa perlakuan yang diberikan pada kelompok eksperimen memiliki efektivitas yang lebih baik dalam meningkatkan nilai dibandingkan tanpa perlakuan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:24
Last Modified: 16 Oct 2024 03:24
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9825

Actions (login required)

View Item View Item