PENERAPAN STEM-PBL BERBANTUAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

NUR FATMANINGSIH, . (2024) PENERAPAN STEM-PBL BERBANTUAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. [Experiment]

[img] Text
SKRIPSI COVER - BAB 1_3 - Nur Fatmaningsih.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4_BAB 5 - Nur Fatmaningsih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN_NUR FATMANINGSIH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fatmaningsih, Nur, 2024. Penerapan STEM-PBL berbantuan media wordwall untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Skripsi Pendidikan Ilmu engetahuan Alam (PA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Muriani Nurhayati, M.Pd Pembimbing II : Fahmi Fatkhomi, M.Pd Kata Kunci : STEM,PBL, Wordwall , Hasil Belajar Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui efektivitas model STEM-PBL berbantuan media wordwall untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. (2)Mengetahui bagaimana reaksi siswa terhadap penggunaan media wordwall dalam STEM-PBL. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen yang melibatkan desain kelompok pretest-posttest. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelasa VII F sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model STEM-PBL berbantuan media wordwall dan kelas kontrol menggunakan STEM-PBL tanpa bantuan media. Pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan sample purposiv sampling, meliputi instrumen teknik tes, pedoman wawancara, dokumentasi dan angket respon peserta didik. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini instrumen tes dan non tes, instrumen tes berisi soal uji coba yang akan digunakan untuk soal pretest dan posttest, imstrumen non tes berisi angket respon peserta didik terhadap pembelajaran, modol ajar, LKPD, dan hasil dari media wordwall. Pengujian penggunakakn SPSS versi 2. Hasil penelitian ini yaitu (1) Model STEM-PBL berbantuan media wordwall efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar 71,87%. (2) Respon peserta didik terhadap STEM- PBL berbantuan media wordwall efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Experiment
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:35
Last Modified: 16 Oct 2024 03:35
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9826

Actions (login required)

View Item View Item