THE EFFECT OF RESPONDING, CORRECTING AND GUIDING (RCG) STRATEGY ON 10TH GRADE STUDENTS’ WRITING SKILL IN SENIOR HIGH SCHOOL (An Experimental Research at SMK PGRI 2 Taman in the Academic Year 2023/2024)

NADIYA NOVIYANTI, . (2024) THE EFFECT OF RESPONDING, CORRECTING AND GUIDING (RCG) STRATEGY ON 10TH GRADE STUDENTS’ WRITING SKILL IN SENIOR HIGH SCHOOL (An Experimental Research at SMK PGRI 2 Taman in the Academic Year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
FINAL PROJECT SKRIPSI - NADIYA NOVIYANTI - PBI 2024-1-49 - Nadiya Noviyanti.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FINAL PROJECT SKRIPSI - NADIYA NOVIYANTI - PBI 2024-50-64 - Nadiya Noviyanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
FINAL PROJECT SKRIPSI - NADIYA NOVIYANTI - PBI 2024-65-102 - Nadiya Noviyanti.pdf

Download (1MB)

Abstract

NOVIYANTI, NADIYA. 2024. 1620600002: "Pengaruh Strategi Responding, Correcting and Guiding (RCG) terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas (Sebuah Penelitian Eksperimen di SMK PGRI 2 Taman Tahun Pelajaran 2023/2024)". Proyek Penelitian Program Strata 1, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Bapak H. Masfuad Edy S., M.Pd. dan Pembimbing II Ibu Ihda Rosdiana, S.Pd, M.Hum. Kata Kunci: Strategi Responding, Correcting and Guiding (RCG), Keterampilan Menulis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Strategi Responding, Correcting and Guiding (RCG) berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis siswa atau tidak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain dua kelompok. Populasi penelitian ini sebanyak 589 siswa kelas 10 SMK PGRI 2 Taman pada tahun ajaran 2023/2024. Peneliti menggunakan teknik non-randomize sampling pada kedua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kemudian sampel dari penelitian ini adalah 69 siswa, 36 di kelas kontrol dan 33 di kelas eksperimen. Kelas eksperimen diajar dengan strategi Responding, Correcting and Guiding (RCG) sedangkan kelas kontrol diajar dengan metode konvensional dengan pertemuan yang sama. Peneliti menggunakan judgement experts sebagai instrumen data dan beberapa teknik dalam mengumpulkan data, yaitu statistik deskriptif, normalitas, homogenitas, dan uji-t sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. dari uji normalitas adalah 0,462 dan 0,531 pada pretest dan post-test untuk kelas eksperimen. Sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,331 dan 0,474 untuk nilai Sig. pre-test dan post-test. Hal ini berarti bahwa data berdistribusi normal baik untuk kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Data uji-t sampel berpasangan menunjukkan bahwa nilai Sig. 2 tailed sebesar 0.000 yang lebih kecil dari 0.005 dengan df N - 1 = 32. Kesimpulannya, Strategi Responding, Correcting and Guiding (RCG) memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan menulis siswa kelas 10 SMA. Peneliti menyarankan agar siswa tetap belajar keterampilan menulis bukan hanya pada teks proedur tetapi juga pada teks yang lain untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Guru juga disarankan untuk mengimplementasikan strategi yang lain untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Untuk peneliti lain diharapkan untuk melakukan penelitian lebih dalam pada penggunaan strategi Responding, Correcting and Guiding (RCG).

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Oct 2024 01:35
Last Modified: 17 Oct 2024 01:35
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9845

Actions (login required)

View Item View Item