The Implementation of Task-Based Learning Towards Students Reading Comprehension ( An Experimental Research of Eight Grade Students in SMP Negeri 9 Tegal in Academic Year 2024/2025)

Dede Jaya Laksana, . (2024) The Implementation of Task-Based Learning Towards Students Reading Comprehension ( An Experimental Research of Eight Grade Students in SMP Negeri 9 Tegal in Academic Year 2024/2025). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER-BAB III SKRIPSI DEDE LAKSANA.docx

Download (592kB)
[img] Text
BAB IV-V SKRIPSI DEDE LAKSANA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN DEDE LAKSANA.docx

Download (1MB)

Abstract

LAKSANA, DEDE J. 2024. 1617500025: “Penerapan Pembelajaran Berbasis Tugas terhadap Pemahaman Membaca Siswa (Studi Eksperimental pada Siswa Kelas Delapan di SMP 9 Tegal pada Tahun Ajaran (2024/2025)”. Skripsi. Program Strata 1, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing pertama Yulia Nur Ekawati, M.Pd dan Pembimbing kedua Nur Laila Molla, M.Pd. Kata Kunci: Task-based Learning, Pemahaman Membaca Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Metode Pembelajaran Berbasis Tugas memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman membaca siswa kelas delapan SMP N 9 Tegal tahun ajaran 2024/2025. Untuk mencapai hal ini, sebanyak seratus dua puluh satu siswa secara acak dimasukkan ke dalam dua kelompok yang sama, masing-masing dengan enam puluh satu siswa: kelompok eksperimen (Pembelajaran Berbasis Tugas) dan kelompok enam puluh siswa kontrol (kelas konvensional). Penulis menggunakan tes pemahaman bacaan sebagai pra-tes penelitian ini untuk kedua kelompok. Kemudian, setelah 4 pertemuan, di akhir penelitian, tes pasca-tes pemahaman bacaan digunakan untuk kedua kelompok dalam penelitian ini.. Efektivitas penerapan Pembelajaran Berbasis Tugas terhadap pemahaman bacaan mahasiswa ditentukan menggunakan uji-t sampel berpasangan dan uji-t sampel independen. Temuan uji-t sampel berpasangan dan independen menunjukkan perbedaan yang signifikan antara tes akhir kelompok eksperimen dan kontrol. Pada tes akhir, kelompok eksperimen mengungguli kelompok kontrol dengan selisih yang signifikan (p<0,05). Jadi, hipotesis penelitian ini diterima. Kesimpulan yang ditarik dari penelitian ini, ada efek positif yang signifikan dari penggunaan metode Pembelajaran Berbasis Tugas terhadap pemahaman bacaan siswa kelas 8 SMP N 9 Tegal.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Oct 2024 01:35
Last Modified: 17 Oct 2024 01:35
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9850

Actions (login required)

View Item View Item