GAYA BAHASA NOVEL RAHVAYANA: AKU LALA PADAMU KARYA SUJIWO TEJO DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DI SMA

Laksono, Ilham Dwi (2020) GAYA BAHASA NOVEL RAHVAYANA: AKU LALA PADAMU KARYA SUJIWO TEJO DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI ILHAM DWI LAKSONO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)

Abstract

LAKSONO, ILHAM DWI. 2020. “Gaya Bahasa Novel Rahvayana: Aku Lala Padamu Karya Sujiwo Tejo dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa di SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Tri Mulyono, M.Pd., Pembimbing II: Vita Ika Sari, M.Pd. Kata Kunci: gaya bahasa, novel, dan implikasi pembelajaran. Pembelajaran gaya bahasa di sekolah sangat terbatas, sehingga perlu analisis gaya bahasa yang lengkap, terutama pada novel. Melihat fenomena dan pentingnya gaya bahasa pada karya sastra, pembelajaran gaya bahasa di sekolah dapat dijadikan sebagai ajang belajar tentang pentingnya gaya bahasa pada karya sastra. Melalui analisis gaya bahasa dalam novel dapat diketahui penguasaan kosakata, pemilihan diksi, gaya bahasa, dan karakteristik gaya bahasa yang dikuasai oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) jenis gaya bahasa yang terdapat pada novel Rahvayana: Aku Lala Padamu karya Sujiwo Tejo, dan 2) implikasi gaya bahasa dalam novel Rahvayana: Aku Lala Padamu karya Sujiwo Tejo dalam pembelajaran bahasa di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Sumber data yang digunakan adalah novel Rahvayana: Aku Lala Padamu karya Sujiwo Tejo. Wujud data berupa tuturan dalam dialog anta tokoh dalam novel Rahvayana: Aku Lala Padamu karya Sujiwo Tejo yang mengandung gaya bahasa. Identifikasi data dalam penelitian ini adalah teknik trianggulasi data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kepustakaan, simak, catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Jenis gaya bahasa pada novel Rahvayana: Aku Lala Padamu karya Sujiwo Tejo ditemukan sebanyak 43 data, yaitu: a) perbandingan 16 data, (personifikasi 2 data, metafora 9 data, dan perumpamaan 5 data); b) perulangan atau penegasan 10 data (aiterasi dan aonansi 1 data, dan smploke 9 data); c) pertautan 7 data hanya memuat gaya bahasa asindenton; d) pertentangan 10 data (hiperbola 2 data, ltotes 1 data, atitesis 4 data, dan kontradiksi Interminis 3 data). 3) Implikasi gaya bahasa dalam novel Rahvayana: Aku Lala Padamu karya Sujiwo Tejo dalam pembelajaran sastra Indonesia kelas XI semester I pada standar kompetensi membaca dalam memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/ novel terjemahan. Penelitian ini diharapkan menjadi sebuah bahan ajar atau referensi bagi guru ketika akan mengajarkan sebuah materi mengenai pembelajaran gaya bahasa pada siswa dan menjadi sumber belajar bagi siswa dalam menumbuhkan minat baca baik di sekolah maupun di rumah.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ilham Dwi Laksono
Date Deposited: 14 Feb 2020 04:24
Last Modified: 10 Jan 2023 03:37
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/987

Actions (login required)

View Item View Item